RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Kiandra, Balita yang Menikmati Manfaat Perlindungan JKN dari Lahir

Kiandra, Balita yang Menikmati Manfaat Perlindungan JKN dari Lahir

Kiandra, Balita yang Menikmati Manfaat Perlindungan JKN dari Lahir

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai bagi setiap individu. Akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas menjadi hak setiap orang, termasuk para balita yang berada dalam fase pertumbuhan dan perkembangan yang krusial. Manfaat ini dirasakan secara langsung oleh Kiandra Zaidan Aushaf, seorang balita berusia 1,5 tahun, menjadi bukti nyata bagaimana BPJS Kesehatan telah memberikan perlindungan dan kemudahan akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu sejak lahir.

Dalam keluarga Kiandra, ibunya, Mofi Setyaningrum (28), merupakan seorang pekerja di salah satu perusahaan retail modern, yang telah memiliki perlindungan jaminan kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Inilah yang membawa manfaat besar bagi Kiandra. Berkat perlindungan Program JKN yang dimiliki oleh ibunya, Kiandra diikutsertakan sebagai peserta sejak dia lahir.

Sedangkan ayahnya, Dedek Kurniawan (32) seorang wiraswasta, yang saat itu sedang menjaga Kiandra yang sedang dirawat di RSIA Aisyah Pekajangan. Ia bersyukur karena Kiandra sudah terdaftar sebagai peserta JKN dari ibunya.

“Kami sungguh bersyukur karena Kiandra sudah punya jaminan kesehatan dapat dari perusahaan tempat ibunya kerja. Ini sangat bermanfaat untuk perlindungan kesehatan, terutama untuk sang buah hati, Kiandra,” ungkap Dedek, Jumat (31/08).

Karena perlindungan ini, mereka dapat dengan mudah mendapatkan perawatan yang dibutuhkan saat Kiandra dilahirkan di RS Qolbu Insan Mulia Batang. Pelayanan yang diberikan di RS Qolbu Insan Mulia memberikan pengalaman pertama bagi orangtua Kiandra dengan sistem kesehatan yang terstruktur dengan baik.

Perlindungan ini tak hanya sekadar janji. Saat Kiandra lahir di RS Qolbu Insan Mulia Batang, Dedek merasakan manfaat konkret dari Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Proses pendaftaran berjalan lancar, dan mereka tak perlu merasa khawatir tentang biaya persalinan. Semua biaya tersebut ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Pada saat Kiandra lahir, manfaat Program JKN sangat kami rasakan. Proses pendaftaran berjalan dengan lancar, dan saya tidak perlu merasa cemas akan biaya persalinan istri saya, semuanya ditanggung BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Namun, perjalanan keluarga Kiandra tidak berhenti di situ. Mereka memutuskan untuk berpindah domisili ke Karangdadap, Pekalongan. Meski berpindah tempat tinggal, akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas tetap terjaga. Ketika Kiandra mengalami penyakit dan memerlukan perawatan, keluarga langsung membawanya ke RSIA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan.

“Kami merasa lega ketika tiba di RSIA Aisyiyah Pekajangan. Dengan hanya menunjukkan Kartu JKN, Kiandra langsung mendapatkan kamar rawat inap. Ini membuktikan betapa sistem BPJS Kesehatan membuat akses perawatan semakin mudah bagi keluarga kami,” tutur Dedek.

Sejak saat itu, Kiandra telah beberapa kali menjalani perawatan rawat inap di RSIA Aisyiyah Pekajangan. Ketika berusia delapan bulan, ia mengalami sakit panas yang cukup parah. Tanpa ragu, keluarga membawanya langsung ke IGD dan perawatan berlangsung selama seminggu penuh. Beberapa bulan setelahnya, Kiandra kembali mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

“Manfaat Program JKN benar-benar kami rasakan dalam setiap situasi sulit. Ketika Kiandra mengalami diare, kami membawanya ke puskesmas dan mendapatkan rujukan ke poli anak, dokter menyarankan agar Kiandra menjalani perawatan inap. Kini, setelah enam hari dirawat, Alhamdulillah Kiandra sudah pulih dan mendapatkan kunjungan dokter setiap hari,” jelasnya.

Dedek mengingatkan akan pentingnya akses pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau. Dengan kehadiran Program JKN, harapan untuk memiliki generasi yang sehat dan kuat dapat menjadi kenyataan. Dia juga berharap BPJS Kesehatan terus memberikan pelayanan terbaiknya dan semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya.

“Kami berharap semakin banyak keluarga yang dapat merasakan kemudahan dan manfaat yang sama seperti yang kami alami. BPJS Kesehatan membantu meringankan beban finansial dan memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” tutupnya

Tag :

BACA JUGA :

Screenshot (31)
BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Rumah Sakit Berikan Pelayanan Prima kepada Pasien JKN
Screenshot (30)
Satu Dekade Program JKN; Dari Peningkatan Kepesertaan hingga Inovasi Layanan Digital
Screenshot (29)
BPJS Kesehatan Pekalongan Apresiasi Kepatuhan Badan Usaha dalam Program JKN
Screenshot (27)
Gandeng Influencer dan Pegiat Sosmed Pekalongan, Optimalkan Jangkauan Informasi Program JKN

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved