RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Faskes Laksanakan Transformasi Mutu Layanan JKN

BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Faskes Laksanakan Transformasi Mutu Layanan JKN

BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Faskes Laksanakan Transformasi Mutu Layanan JKN

Transformasi digital merupakan kunci kualitas dan mutu layanan BPJS Kesehatan. Salah satunya yaitu implementasi antrean online terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). FKTP yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan diharapkan mampu memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan tidak diskriminatif, sehingga tercapai kepuasan peserta.

“Mutu layanan prima adalah hal mutlak. Sistem antrean online ini juga kami tekankan untuk dioptimalkan dalam menyongsong transformasi mutu layanan. Kami mohon dukungannya agar transformasi mutu layanan yang menjadi fokus utama dalam peningkatan pelayanan peserta, dengan berbagai indikator salah satunya adalah digitalisasi layanan di seluruh fasilitas kesehatan dengan mengimplementasikan antrean online yang terkoneksi dengan Aplikasi Mobile JKN,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu usai memberikan apresiasi kepada FKTP paling berkomitmen dalam pemanfaatan antrean online terkoneksi Aplikasi Mobile JKN, Selasa (21/03).

Dia menjelaskan, BPJS Kesehatan bersama FKTP telah melakukan upaya transformasi digital dalam mengupayakan peningkatan kualitas layanan tersebut. Adapun manfaat adanya Aplikasi Mobile JKN bagi peserta JKN antara lain peserta mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan.

Peserta dapat mengambil dan memantau antrean online dari rumah tanpa harus menunggu lama di fasilitas kesehatan. Selain itu juga, peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di FKTP tempat peserta terdaftar melalui menu konsultasi pada Aplikasi Mobile JKN, serta memberikan kesempatan peserta untuk memberikan penilaian dan umpan balik kepada dokter setelah melakukan kontak online.

“Bagi fasilitas kesehatan, antrean online dapat mengurai antrean sehingga bisa mengurangi sisi emosi psikologis petugas di fasilitas kesehatan yang melayani peserta. Selain itu juga memberikan kemudahan berkomunikasi dan melakukan edukasi kesehatan kepada masing-masing peserta melalui menu konsultasi serta memperoleh informasi umpan balik yang diberikan oleh peserta terhadap layanan kontak online yang telah dilakukan,” ujarnya.

Adapun FKTP yang mendapatkan penghargaan paling berkomitmen dalam pemanfaatan antrean online terkoneksi Aplikasi Mobile JKN dengan pendaftaran pelayanan terbanyak menggunakan antrean online. Untuk kategori Puskesmas, penghargaan tersebut diraih oleh Puskesmas Limpung, Puskesmas Bendan dan Puskesmas Doro2. Sementara pada kategori klinik pratama, penghargaan diraih oleh Klinik Pratama QIM, Klinik Pratama Molek dan Klinik Pratama PMI Kab. Pekalongan.
Selanjutnya pada kategori Dokter Praktek Perorangan (DPP), penghargaan tersebut diraih oleh dr. Nurkholis, dr. Sewoyo Hadi, dan dr. Moh Hasyim Purwadi. Dan untuk kategori Dokter Gigi Praktek Perorangan (DRG) diraih oleh drg. Eltanin Kumala Dewi, drg. Tri Rahayu Ningsih, drg Gunarti.
Dia berharap, sinergi antara BPJS Kesehatan dengan FKTP terus ditingkatkan. Pihaknya mendukung dinas kesehatan yang terus berupaya mendorong fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas.

“Semoga tidak ada lagi antrean yang mengular. Yang ada adalah kepastian layanan bagi peserta, serta waktu tunggu terstandar peserta akan dilayani kapan. Oleh karena itu harus dilakukan transformasi digital dengan antrean online,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnuhardanto dalam sambutannya juga mengadvokasi kepada seluruh FKTP agar melaksanakan transformasi mutu layanan. Pihaknya berharap, seluruh fasilitas kesehatan berkomitmen melaksanakan transformasi mutu layanan salah satunya digitalisasi layanan. Termasuk optimalisasi pemanfaatan antrean online di fasiltas kesehatan ini.

“Antrean online harus terkoneksi dengan Aplikasi Mobile JKN, karena saya masih menemukan beberapa keluhan peserta yang masih susah dalam mengakses rujukan online. Ternyata masih ada beberapa kendala di fasilitas yang masih belum terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN dan juga masih ada kendala di beberapa rumah sakit,” ungkapnya.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
WhatsApp Image 2024-02-21 at 12.49
Tiga Pelaku Curanmor Diamankan Tim TResmob Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
Hardiyanto (22), merupakan seorang mahasiswa di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan, yang telah merasakan manfaat integrasi digitalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)....
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
Salah satu program unggulan Pemkot Pekalongan dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat ialah Program Pekalongan Sakpore. Program tersebut merupakan program kolaborasi...
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
KAJEN – Seorang Caleg asal Pekalongan menjadi korban penggandaan uang yang dilakukan oleh 2 pelaku. Tersangka penipuan yang berhasil ditangkap Polres Pekalongan yakni S alias Muchlis (58) warga Desa Balung...
WhatsApp Image 2024-02-21 at 12.49
Tiga Pelaku Curanmor Diamankan Tim TResmob Pekalongan
KAJEN – Tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor berhasil dibekuk Tim Resmob Sat Reskrim Polres Pekalongan. Ketiga pelaku ditangkap lantaran diketahui melakukan pencurian 1 unit sepeda motor yang di Desa...
WhatsApp Image 2024-02-20 at 12.55
TNI Kodim Pekalongan Bangun Jalan Poros Di Desa Rejosari
BOJONG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun Anggaran 2024, Kodim 0710/Pekalongan Korem 071/Wijayakusuma di wilayah Kabupaten Pekalongan resmi dimulai. Secara resmi kegiatan...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2023-04-07 at 19.21
Polisi Amankan Gudang Miras di Karanganyar
WhatsApp Image 2024-02-18 at 15.44
Hasil Quick Count Internal, "Sharmila" Melenggang Ke Senayan
WhatsApp Image 2023-11-19 at 14.04
Buntut Tutupnya Pasar Muncang Pemalang, Kades Mrican Fasilitasi Lahan Khusus Pedagang Warga Mrican
Pemilu Damai, “Bolone Mase” Ajak Pendukungnya Tidak Menghina Relawan Capres Lain
Pemilu Damai, “Bolone Mase” Ajak Pendukungnya Tidak Menghina Relawan Capres Lain
WhatsApp Image 2024-02-21 at 12.49
Tiga Pelaku Curanmor Diamankan Tim TResmob Pekalongan

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved