RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Tugu Perjuangan Kota Pekalongan di Resmikan

Tugu Perjuangan Kota Pekalongan di Resmikan

Tugu Perjuangan Kota Pekalongan di Resmikan

: Dok. Pendim 0710

TUGU PERJUANGAN – KASAD Jend. TNI Dudung Abdurachman dan Habib Luthfi meresmikan Tugu Perjuangan di stadion Hoegeng Kota Pekalongan (19/07/2023)

Pekalongan – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. di dampingi Habib Muhammad Lutfhi Ali Bin Yahya dan sejumlah pejabat teras Mabes TNI AD, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah, Danrem 071/Wijayakusuma dan Jajaran Forkompinda Kota maupun Kabupaten Pekalongan meresmikan Monumen Tugu Perjuangan yang berlokasi di Halaman Stadion Hoegeng Keraton Kota Pekalongan, pada (19 Juli 2023).

Sebelum dilaksanakan peresmian, terlebih dahulu acara diawali dengan kirab bendera merah putih sepanjang 150 meter oleh Polri-TNI dan masyarakat, setelah itu, Kasad bersama rombongan dan masyarakat berkesempatan menyaksikan Free Fall 15 penerjun dari Kopassus dan Brimob, Display drumband dari Yonif 400 Raider, Ponpes Al-fusha Kabupaten Pekalongan dan Marching band Gita jala Nusantara SMK SUPM Nusantara Batang serta Drama kolosal perjuangan pekalongan yang akan diperankan sebanyak 230 orang yang bertempat di dalam stadion Hoegeng.

Selesai menyaksikan berbagai pertunjukan dan demonstrasi KASAD Jendral TNI Dudung Abdurachman, meresmikan Monumen Tugu Perjuangan yang berlokasi di halaman Stadion Hoegeng Keraton Kota Pekalongan

Pada kesempatan tersebut Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, pembangunan monumen Tugu Perjuangan ini adalah sepenuhnya diinisiasi oleh Habib Muhammad Lutfhi Ali Bin Yahya yang bertujuan untuk melestarikan sejarah perjuangan bangsa khususnya perjuangan warga Kota Pekalongan dalam mengusir penjajah dari bumi Pekalongan.

” Tugu perjuangan ini diprakarsai oleh Habib Luthfi Ali Bin Yahya, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, dan ini sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa untuk terus memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme serta rela berkorban untuk bangsa dan negara”, terang Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama sejumlah pejabat teras Mabes TNI AD, dan perwakilan Forkompinda Kota maupun Kabupaten Pekalongan, meresmikan Monumen Tugu Perjuangan di Halaman Stadion Hoegeng Keraton Kota Pekalongan pada tanggal 19 Juli 2023. Acara peresmian diawali dengan kirab bendera merah putih dan dilanjutkan dengan beragam pertunjukan seperti Free Fall dari Kopassus dan Brimob, Display drumband, dan Drama kolosal perjuangan pekalongan yang melibatkan lebih dari 230 orang.
: Dok. Pendim 0710

Kasad menambahkan, dengan terbangunnya tugu perjuangan Pekalongan ini ia berharap akan bisa menjadi tonggak semangat untuk kita semua khususnya para generasi muda dalam meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan.

” Kita Do’akan semoga bangsa Indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT dari segala ancaman, gangguan maupun hambatan yang akan terjadi”, pungkasnya.

Tugu Perjuangan Pekalongan ini akan menjadi salah satu ikon perjuangan di kota batik. Berbeda dengan monumen yang sudah ada di Kota Pekalongan, Tugu Perjuangan ini termasuk istimewa. Pasalnya, di sebelah tugu tersebut dipajang pula satu unit Tank AMX 13 dan dua buah meriam. Kedua meriam tersebut masing-masing adalah meriam Howitzer M101 berkaliber 105 mm dan meriam M1942 (ZiS-3) kaliber 76 mm.

Sumber : Pendim 0710/Pekalongan

Tag :

BACA JUGA :

Polres 1
Geger..!! Mayat Laki-Laki Mengapung di Sungai Sragi baru
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 12.55
TNI Kodim Pekalongan Bangun Jalan Poros Di Desa Rejosari
WhatsApp Image 2024-02-20 at 06.39
Pemilu Damai, Bolone Mase : Terima Kasih Warga Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved