RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Sempat Terkendala Administrasi, JKN Bantu Pengobatan Anak Anjar dengan Berkualitas

Sempat Terkendala Administrasi, JKN Bantu Pengobatan Anak Anjar dengan Berkualitas

Sempat Terkendala Administrasi, JKN Bantu Pengobatan Anak Anjar dengan Berkualitas

Sebuah kisah yang menggugah hati datang dari Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Anak dari Anjar Siswanto (37), seorang warga Kota Pekalongan, berhasil mendapatkan pelayanan kesehatan meski administrasi kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) anaknya sempat terkendala. Pelayanan cepat dan ramah dari Rumah Sakit Budi Rahayu di tengah kesulitan tersebut membuat Anjar merasa sangat terharu.

Anjar merupakan seorang buruh di industri batik Pekalongan yang memiliki anak berusia 10 bulan dan memerlukan perawatan kesehatan segera. Namun, kendala administrasi kepesertaan JKN menjadi hambatan dalam mendapatkan layanan tersebut.

Ketika Anjar membawa anaknya ke Rumah Sakit Budi Rahayu, ia baru menyadari bahwa Kartu JKN anaknya tidak terdaftar. Namun, dengan bantuan staf rumah sakit yang sigap, proses pengecekan dan pembaruan data kepesertaan JKN dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Anjar sangat terkesan dengan kecepatan dan kemudahan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Budi Rahayu tanpa meminta berkas fotokopi atau dokumen tambahan, hanya dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anaknya.

“Awalnya saya sangat panik ketika anak saya sakit dan saat dicek, Kartu JKN-nya tidak terdaftar karena ternyata NIK anak saya belum diperbarui dan masih terdaftar atas nama Bayi Nyonya Lia Rukmanasari,” ungkap Anjar dengan rasa khawatir.

Namun, petugas rumah sakit sangat responsif dan membantu untuk mengurus kepesertaan JKN anak Anjar. Di situ, Anjar mulai lega dan merasa sangat terbantu. Pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Budi Rahayu sangat baik.

“Mereka dengan cepat membantu saya memperbarui data. Ini benar-benar sangat membantu dan memudahkan saya dalam kondisi seperti ini. Saya merasa sangat terbantu karena biasanya untuk mengurus administrasi seperti ini, perlu melibatkan berbagai berkas. Tetapi kali ini, Rumah Sakit Budi Rahayu memberikan pelayanan yang mudah dan cepat, tanpa mengharuskan saya menyediakan dokumen tambahan,” tambahnya dengan haru.

Anjar juga menjelaskan bahwa ia sempat lupa memperbarui NIK anaknya sehingga terjadi masalah ketika akan digunakan. Hal ini menjadi pengalaman dan pembelajaran sangat berharga untuknya. Tidak hanya itu, Anjar juga menceritakan mengenai kondisi kesehatan anaknya ketika harus dilarikan ke rumah sakit.

“Beberapa waktu sebelumnya, anak saya mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh. Akhirnya, saya membawa anak saya ke IGD Rumah Sakit Budi Rahayu untuk pengecekan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata anak saya didiagnosis mengidap TBC,” ungkap Anjar dengan keprihatinan yang mendalam.

Pengalaman Anjar juga terkait dengan kondisi TBC yang pernah dialami oleh istrinya. Sekitar lima tahun lalu, istrinya juga didiagnosis dokter mengidap TBC. Namun, berkat bantuan tim medis dan penjaminan JKN, melalui pengobatan sembilan bulan tanpa putus, akhirnya istir Anjar sembuh.

“Oleh karena itu, ketika anak saya didiagnosis mengidap TBC, saya tidak merasa cemas karena pengobatan anak saya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Lagipula sudah ada pengalaman dari istri saya juga yang pernah menderita hal yang sama. Saya merasa lega karena BPJS Kesehatan memberikan perlindungan dan kepastian dalam menghadapi masalah kesehatan,” jelas Anjar dengan rasa syukur.

Di akhir perbincangan, Anjar mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada Rumah Sakit Budi Rahayu dan BPJS Kesehatan yang telah memudahkan akses layanan kesehatan untuk anaknya. Menurutnya, rumah sakit ini tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan yang baik, tetapi juga menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap setiap pasiennya. Tidak ada diskriminasi antara pasien umum dengan pasien JKN, semuanya dilayani sama dengan penuh kualitas.

“Saya merasa sangat berterima kasih kepada Rumah Sakit Budi Rahayu, BPJS Kesehatan, dan semua petugas yang telah membantu saya. Mereka tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada anak saya, tetapi juga menunjukkan rasa peduli yang mendalam. Saya merasa sangat terharu dan beruntung memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas,” tutupnya.

Tag :

BACA JUGA :

Screenshot (31)
BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Rumah Sakit Berikan Pelayanan Prima kepada Pasien JKN
Screenshot (30)
Satu Dekade Program JKN; Dari Peningkatan Kepesertaan hingga Inovasi Layanan Digital
Screenshot (29)
BPJS Kesehatan Pekalongan Apresiasi Kepatuhan Badan Usaha dalam Program JKN
Screenshot (27)
Gandeng Influencer dan Pegiat Sosmed Pekalongan, Optimalkan Jangkauan Informasi Program JKN

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved