RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

BPJS Kesehatan Keliling Pelosok Desa di Pekalongan

BPJS Kesehatan Keliling Pelosok Desa di Pekalongan

BPJS Kesehatan Keliling Pelosok Desa di Pekalongan

BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan terus berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), baik segi pengurusan administrasi kepesertaan ataupun pelayanan kesehatan. Salah satunya melalui Program BPJS Kesehatan Keliling yang menjangkau daerah-daerah terpencil atau desa pelosok yang jauh dari kantor layanan BPJS Kesehatan.
Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan berkeliling menyapa warga Desa Trajumas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Pelayanan administrasi kepesertaan, pemberian informasi hingga penanganan pengaduan siap diberikan agar masyarakat di desa ini semakin merasakan manfaat dari Program JKN. Akses yang cukup mudah dijangkau sehingga diharapkan kesadaran masyarakat akan jaminan kesehatan pun semakin tinggi.

“Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan jajaran puskesmas dan perangkat Kecamatan Kandangserang untuk menyelenggarakan pelayanan JKN di Desa Trajumas ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu, Jumat (26/05).
Desa Trajumas adalah salah satu desa di Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan dengan wilayah berbukit. Untuk mencapainya harus menempuh jarak 36 kilometer dengan perjalanan lebih dari dua jam dari pusat kota. Sehingga, dirasa tepat jika BPJS Kesehatan hadir memberikan layanan kepada masyarakat desa ini. Mereka tidak perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan. Cukup datang ke Balai Desa Trajumas, maka kebutuhan layanan JKN dapat terpenuhi.

“BPJS Kesehatan Keliling dilakukan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan peserta dengan konsep jemput bola. Petugas BPJS Kesehatan Keliling akan mendatangi lokasi-lokasi yang strategis baik puskesmas maupun desa yang jauh dari kantor untuk memberikan layananan JKN kepada peserta. Melalui BPJS Kesehatan Keliling, kebutuhan peserta akan layanan administrasi Program JKN dapat terpenuhi diantaranya pengecekan data kepesertaan, pelayanan perubahan data, pendaftaran peserta Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), pemberian informasi dan pengaduan peserta serta layanan administrasi lainnya,” jelas Cici, sapaan akrabnya.
Dia menyampaikan, kolaborasi antara BPJS Kesehatan, puskesmas dan perangkat Kecamatan Kandangserang akan memungkinkan BPJS Kesehatan untuk memperluas jangkauannya ke masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan adanya kolaborasi ini, masyarakat di daerah tersebut akan mendapatkan pelayanan adminstasi yang lebih baik dan lebih mudah diakses.

“Dengan adanya BPJS Kesehatan Keliling, saya berharap bisa membantu memudahkan peserta dalam mengakses layanan administrasi JKN, khususnya bagi peserta yang berada di pelosok desa yang jauh dari kantor. Kami menjadwalkan setiap hari ada BPJS Kesehatan Keliling yang akan datang ke pelosok desa-desa secara bergilir yang lokasinya jauh dari kantor,” ujarnya.
Kehadiran BPJS Kesehatan Keliling di Desa Trajumas, Kecamatan Kandangserang mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat setempat. Masyarakat sangat mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan dalam membawa pelayanan JKN langsung ke depan pintu rumah mereka. Program ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat di daerah terpencil yang sebelumnya sulit mengakses layanan administrasi JKN.

Salah satu peserta JKN yang saat itu mengakses layanan BPJS Kesehatan Keliling, Susianti menyampaikan kepuasan atas layanan yang telah diberikan. Dia merasa sangat terbantu dengan layanan ini karena dapat menghemat waktu.
“Adanya layanan jemput bola ke desa terpencil ini jadi lebih hemat waktu. Kami tidak perlu jauh -jauh lagi ke Kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Susianti.

Sekretaris DesaTrajumas, Ahmad Jaelani sangat mengharapkan warga desanya semakin paham akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan sehingga dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah jika suatu saat diperlukan.
“Ada beberapa dari masyarakat yang Kartu JKNnya non aktif sehingga kami arahkan ke desa untuk didaftarkan dan diajukan kembali KIS nya agar kembali aktif. Dengan adanya layanan BPJS Kesehatan Keliling ini semoga dapat memberikan pemahaman bagi warga Desa Trajumas pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Daftar selagi sehat kalau waktu sakit baru daftar nanti repot,” ujarnya.

Melalui program BPJS Kesehatan Keliling ini, BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat, termasuk di daerah terpencil, mendapatkan akses pelayanan JKN yang mudah, cepat dan setara. Program ini juga merupakan bentuk nyata dari semangat BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terdepan kepada peserta di semua lapisan masyarakat.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved