RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Ada 630 Koperasi Yang Terdaftar, Hanya 146 Koperasi Yang Aktif

Ada 630 Koperasi Yang Terdaftar, Hanya 146 Koperasi Yang Aktif

Ada 630 Koperasi Yang Terdaftar, Hanya 146 Koperasi Yang Aktif

: Dok. Bagus Rasika FM

REWARD – Plh Bupati Pekalongan, H. Riswadi usai peringatan Hari Koperasi Indonesia tahun 2023 dengan memberikan penghargaan bagi Koperasi yang berprestasi (12/07/2023 )

KAJEN – Plh Bupati Pekalongan, H. Riswadi menghadiri peringatan Hari Koperasi Indonesia tahun 2023 tingkat kabupaten Pekalongan, Rabu (12/7/2023) di Kantor Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan.

Dalam membacakan sambutan dari Menteri Koperasi dan UMKM, Riswadi menyampaikan, Koperasi sebagai salah satu ciri ekonomi kebangsaan dapat terus tumbuh dan memberikan sumbangsih ditengah upaya percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Riswadi mengucapkan selamat Hari Koperasi Indonesia tahun 2023 dan berharap Koperasi terus tumbuh sebagai langkah gotong royong menciptakan ekonomi yang kuat.

“Di ulang tahun ke 76 ini umur yang tua, koperasi semakin tergilas oleh perkembangan jaman, liberalisasi dan kapitalisasi. Itu terbukti dari yang disampaikan oleh ibu Kepala Dinas, bahwa Koperasi yang terdaftar dalam sistem ada 600an tetapi hanya 140an yang bisa berjalan dengan baik”, ungkap Riswadi.

Ini merupakan bukti atau hal-hal lain yang harus di diskusikan, lanjut Riswadi, untuk dibahas bersama terkait perkembangan ekonomi bahwa Koperasi merupakan soko guru ekonomi bangsa yang seharusnya mampu bersaing dengan usaha apapun karena dilakukan dari dan oleh anggota koperasi sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi. Dengan adanya UU Koperasi yang baru diharapkan mampu ini akan condong kepada para pelaku koperasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Pekalongan sehingga mampu menjawab tantangan global di masa sekarang.

Ditanya bagaimana langkah Pemkab. untuk menghidupkan kembali koperasi di Kabupaten Pekalongan, Riswadi menambahkan, Kepala Dinas terkait dan jajarannya akan melakukan koordinasi dan pemetaan terhadap koperasi dari pengurusan koperasi secara internal, regenerasi pengurus dan hal-hal lainnya.

“Atau memang pengurusnya yang mungkin apriori dan ini menjadi bagian dari PR yang tidak gampang di urai. Namun demikian untuk menghadapi masalah tidak ada masalah yang tidak bisa di selesaikan”, ungkap Riswadi.

Dihari Koperasi yang ke 76 tahun ini juga diberikan penghargaan salah satunya kepada Koperasi Petani Teh Paninggaran Berdikari Makmur Kabupaten Pekalongan yang telah meraih juara 3 pada ajang The Golden Leaf Award 2022 di Australia untuk kategori Feature Green Tea.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Naker Kabupaten Pekalongan, Siti Masruroh usai upacara dalam rangka apel besar Hari Koperasi tingkat Kabupaten. “Ini merupakan contoh bahwa koperasi yang bergerak di sector real ini yang perlu terus kita kembangkan. Dan ini menjadi tantangan bagi gerakan koperasi di Kabuten Pekalongan”, kata Masruroh.

Dalam laporannya, Masruroh menyampaikan bahwa dari 630 koperasi yang terdaftar hanya 146 saja yang masih berjalan dan bergerak dalam bidang unit simpan pinjam. Tetapi yang disektor real dan pertanian yang masih terus harus di dorong. Dan Koperasi Petani Teh Paninggaran Berdikari Makmur dapat menjadi contoh bagi koperasi-koperasi yang lain untuk dapat melakukan pertanggung jawaban kepada anggota dan RAT.

“Dan ini menjadi tantangan kita bersama karena dukungan ini perlu. Termasuk kegiatan peringatan hari Koperasi ini juga atas dukungan swadaya teman-teman gerakan koperasi”, jelas Masruroh.

Pihaknya terus mendorong kepada koperasi untuk berkembang dan pihaknya juga melakukan pembinaan dalam bentuk penyuluhan atau pendampingan dari Kementrian karena dukungan SDM di Dinkop UMKM Naker sangat terbatas. Harapannya dengan adanya pengawasan terhadap koperasi dapat mengukur “kesehatan” sebuah koperasi dengan adanya form yang sudah disediakan oleh Kementrian. (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

DICO2
Mencoba Megono Di Alun-Alun Kajen, Dico : Rasanya Kayak Ada Mistisnya
Polres 1
Geger..!! Mayat Laki-Laki Mengapung di Sungai Sragi baru
KPU 2
KPU Kabupaten Pekalongan Lantik 95 PPK Pilkada 2024
ZULHAS
Bang Zul Has Didukung Penuh Kader PAN Kabupaten Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved