RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Layanan BPJS Online Hadir di Puskesmas Rowosari Permudah Akses Layanan JKN bagi Warga Pemalang

Layanan BPJS Online Hadir di Puskesmas Rowosari Permudah Akses Layanan JKN bagi Warga Pemalang

Layanan BPJS Online Hadir di Puskesmas Rowosari Permudah Akses Layanan JKN bagi Warga Pemalang

(Dik. Istimewa)

Pekalongan – Layanan BPJS Online yang menggabungkan teknologi dengan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kini tersedia di Puskesmas Rowosari Pemalang. Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi antara BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Puskesmas Rowosari, dan Pemerintah Desa Rowosari. Layanan ini dirancang untuk memudahkan akses bagi peserta JKN, terutama bagi warga di wilayah perbatasan seperti Desa Rowosari. Program BPJS Online resmi diluncurkan setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh ketiga pihak pada Senin, (20/05).

Kepala Desa Rowosari, Heri Agus Riyanto menyambut baik kehadiran layanan BPJS Online di desanya. Dia menyatakan bahwa program ini sangat membantu, terutama karena sebagian besar masyarakat di desanya adalah pengguna BPJS Kesehatan. Ia menambahkan bahwa layanan ini sangat dinantikan karena dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan efisien.

“Ini merupakan kemudahan besar bagi kami, baik di tingkat pemerintahan desa maupun masyarakat. Hampir 85% dari warga kami mengandalkan BPJS Kesehatan, sehingga kehadiran layanan online ini sangat kami nantikan. Layanan ini akan mempercepat proses administratif dan memastikan bahwa layanan kesehatan dapat diakses dengan cepat dan efisien. Kami berharap sinergi BPJS Kesehatan lebih ditingkatkan sehingga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan publik,” ungkap Heri.

Kepala Puskesmas Rowosari, Hendratno menerangkan bahwa program BPJS Online ini telah diinisiasi sejak awal Januari 2024 bersama BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan. Ia juga menekankan pentingnya layanan ini bagi warga yang berada di lokasi perbatasan Kabupaten Pemalang.  Layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat, terutama mereka yang berlokasi jauh dari fasilitas kesehatan atau yang tidak memiliki akses internet yang memadai.

“Sejak Januari 2024, kami telah menginisiasi layanan BPJS Online bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan dengan layanan setiap hari Rabu. Dengan layanan ini, peserta tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan, mereka cukup mendatangi Puskesmas Rowosari yang lebih dekat dari rumah mereka. Melalui BPJS Online, peserta JKN dapat berkomunikasi langsung dengan petugas BPJS Kesehatan melalui video konferensi dengan perlengkapan yang kami sediakan. Ini adalah solusi khusus untuk mereka yang mengalami kesulitan transportasi atau yang tidak memiliki fasilitas internet yang memadai,”terangnya.

Hendratno juga menyampaikan bahwa program BPJS Online ini selaras dengan program inovasi yang dikembangkan oleh Puskesmas Rowosari. Ini memungkinkan Puskesmas Rowosari mengintegrasikan BPJS Online dengan inovasi mereka yang diberi nama ‘Lakone Sari Becak’. Dengan integrasi ini, mereka dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

“Layanan ini mendukung dari inovasi terbaru kami yang bernama ‘Lakone Sari Becak’  singkatan dari Layanan Konsultasi via Video Online Bersama Puskesmas Rowosari dan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekalongan, yang merupakan pembaruan dari program sebelumnya ‘Si Cendol’ yang telah berjalan sejak tahun 2022. Ada beberapa tantangan dalam program ‘Si Cendol’ yang belum teratasi, terutama bagi peserta yang membutuhkan interaksi tatap muka langsung dengan petugas BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, dengan integrasi BPJS Online yang kami gabungkan dengan ‘Lakone Sari Becak’, Puskesmas Rowosari dan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan dapat berkolaborasi lebih erat untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN,” tambahnya dengan semangat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu, menjelaskan lebih lanjut tentang pentingnya manfaat layanan BPJS Online. Dia menyatakan bahwa BPJS Online merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk memastikan bahwa setiap peserta JKN mendapatkan layanan yang mereka butuhkan, tanpa terhalang oleh jarak atau keterbatasan lainnya. Dia juga menekankan bahwa layanan ini sangat membantu dalam mengurangi waktu tunggu dan mempermudah proses administratif bagi peserta.

“Layanan BPJS Online tidak hanya memudahkan peserta, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya transportasi. BPJS Online menyediakan berbagai layanan, termasuk sosialisasi program JKN, layanan administrasi, penanganan pengaduan, dan konsultasi kesehatan melalui video. Untuk menggunakan layanan BPJS Online, peserta cukup datang ke Puskesmas Rowosari dengan membawa dokumen administrasi yang diperlukan. Setelah itu, staf frontliner akan melayani mereka melalui Zoom,” jelas Cici sapaan Akrabnya.

Cici juga mengungkapkan harapannya dengan integrasi layanan BPJS Online, akan terjadi peningkatan signifikan dalam kepuasan peserta JKN di Kabupaten Pemalang. Dia juga berharap bahwa ini dapat dijadikan model bagi desa-desa lain di Indonesia untuk mengadopsi solusi serupa, yang pada gilirannya akan meningkatkan akses ke layanan JKN yang lebih baik dan lebih efisien. Ini menunjukkan potensi besar dalam peningkatan kualitas layanan JKN melalui teknologi di seluruh Indonesia.

“Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk pemerintah desa dan fasilitas kesehatan, untuk meningkatkan layanan ini. Kolaborasi yang baik ini penting untuk memastikan bahwa layanan JKN ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Kami ingin layanan ini tidak hanya membantu warga desa kami, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam memperluas akses ke layanan kesehatan yang efisien dan mudah diakses,” tutup Cici dengan optimis. (ns)

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.46
Polres Pekalongan Salurkan Hewan Qurban untuk Takmir Masjid dan Pondok Pesantren
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.59
Bupati Fadia Salurkan 5 Sapi & 7 Kambing ke Masjid Al Muhtaram
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas

TERKINI

TANI 1
Sudaryono Diisukan Mundur Dari Pilkada, Tani Merdeka : Gas Pool..!!
KAJEN – Organisasi Tani Merdeka Indonesia yang merupakan relawan pendukung bakal Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, terus menggenjot pergerakan di lapangan seiring munculnya isu Ketua...
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.46
Polres Pekalongan Salurkan Hewan Qurban untuk Takmir Masjid dan Pondok Pesantren
KAJEN – Polres Pekalongan membagikan hewan kurban sejumlah 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing kepada masyarakat sekitar Kabupaten Pekalongan, Senin (17/6/24). Pembagian hewan kurban dalam rangka Hari...
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.59
Bupati Fadia Salurkan 5 Sapi & 7 Kambing ke Masjid Al Muhtaram
KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyalurkan hewan kurban ke Masjid Al Muhtaram Kecamatan Kajen, pada Senin (17/06/2024) pagi. Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh...
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
Muat Lebih

POPULER

hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.59
Bupati Fadia Salurkan 5 Sapi & 7 Kambing ke Masjid Al Muhtaram
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Pemasangan Baliho Caleg dan Parpol di Pohon dan Tiang Listrik Akan Di Tindak Tegas
Pemasangan Baliho Caleg dan Parpol di Pohon dan Tiang Listrik Akan Di Tindak Tegas
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved