RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Ratusan Guru PAUD Ikuti Bimtek Kurikulum Merdeka

Ratusan Guru PAUD Ikuti Bimtek Kurikulum Merdeka

Ratusan Guru PAUD Ikuti Bimtek Kurikulum Merdeka

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) guna peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD (TK) di Hotel Marlin Pekalongan, Selasa (05/07/2022).

Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Kholid, SIP, MM. Selain ratusan guru PAUD, hadir juga sebagai narasumber dalam bimtek ini adalah Balai Besar Sekolah Penggerak Prov. Jawa Tengah, Cabang DInas Pendidikan Wilayah 7 Prov, Jawa Tengah, Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan yang diwakili oleh Abdul Munir.

Kepada awak media, Kholid mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran bagi peserta didik untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Seorang Guru harus memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan minat peserta didik.

Selain itu, Kholid menambahkan, kegiatan ini untuk membekali guru karena ada regulasi yang harus dijalan sehingga para pendidik memahami dengan baik dan benar sebelum menjalankan kurikulum yang baru ini.

Sementara itu dari jumlah 339 TK yang ada di Kabupaten Pekalongan, saat ini baru sekitar 100 tenaga pendidik yang mengikuti bimtek kurikulum Merdeka. Dan nantinya secara bertahap akan dilakukan kegiatan serupa dalam waktu dekat, mengingat kurikulum ini akan dimulai pada tahun ajaran baru 2022.

“Oo siap, intinya Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan harus menjalankan regulasi yang dikeluarkan oleh kementrian”, tegas Kholid.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Komisi IV, Abdul Munir mengatakan, pihaknya mendukung terkait kegiatan ini guna peningkatan kualitas tenaga pengajar. Selain itu dinamika kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga bimtek implementasi kurikulum merdeka ini memang harus dipersiapkan dari sekarang. Karena guru mempunyai peranan yang penting dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak didiknya.

Ditanya terkait anggaran untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka, DPRD dari fraksi PKB ini mengatakan, pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkannya. “Sudah, karena itu nanti MGMP, KKG itu nanti akan kita anggarkan. Kemudian TK-TK baru negeri yang akan menjadi center dari TK swasta akan kita bangun”, terang Munir.

Mengutip dari Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum Merdeka memiliki konsep mendukung pemulihan pembelajaran berbasis project yang mengembangkan soft skills dan karakter profil pelajar Pancasila. selain itu, pembelajaran literasi dan numerasi harus difokuskan pada peserta didik terutama pada jenjang anak usia dini. (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved