RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Kodim Pekalongan Panen Perdana Padi Protani Protangguh Anti Stunting

Kodim Pekalongan Panen Perdana Padi Protani Protangguh Anti Stunting

Kodim Pekalongan Panen Perdana Padi Protani Protangguh Anti Stunting

: Pendim 0710/PKL

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya,S.Sos., M.Han, saat melaksanakan panen secara simbolis.

WONOPRINGGO – Kodim 0710/Pekalongan melaksanakan panen perdana padi Protani Protangguh, dimana penanaman varietas ini merupakan uji coba perdana yang ditanan di lahan Demlot Koramil 07/Wonopringgo yang berlokasi di Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Senin (6/8/23)

Disampaikan Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya,S.Sos., M.Han, usai melaksanakan panen secara simbolis, padi Protani Protangguh yang dipanen saat ini merupakan kerjasama antara Unsoed Purwokerto dengan Kodim 0710/Pekalongan dalam membudidayakan tanaman padi yang kaya akan protein dan sangat bagus untuk dikonsumsi dalam mencegah stunting.

“Kwalitas dari padi Protani Protangguh ini adalah lebih kaya akan protein dibandingkan dengan varietas yang lain, sehingga sangat bagus dikonsumsi bagi masyarakat terutama dalam mencegah dan menurunkan angka stunting”, terang Dandim.

Letkol Inf Rizky juga menyampaikan, walaupun panen saat ini sukses dan bisa dikatakan berhasil namun adanya kelemahan dari varietas padi Protani Protangguh ini sendiri yaitu sementara hanya cocok ditanam untuk lahan kering sehingga tidak bisa ditanam sepanjang musim atau saat musim penghujan.

“Kita berharap kedepan akan ada stimulus dari dinas pertanian dalam memberikan varietas-varietas yang lebih baik dan dan hasilnya bisa diakomodir oleh pemerintah daerah sehingga masyarakat lebih tertarik untuk menanam dan hasilnya akan bisa membantu menurunkan angka stunting di Indonesia khususnya kabupaten pekalongan”, pungkasnya.

Panen Perdana Padi Protani Protangguh oleh Kodim 0710/Pekalongan di Demlot Koramil 07/Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Varietas ini dikembangkan bersama Unsoed Purwokerto untuk mengatasi stunting dengan kandungan protein tinggi. Harapan pada penelitian dan dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan lebih lanjut. Petani optimis dengan hasil lebih baik berkat penggunaan pupuk organik.
: Pendim 0710/PKL

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (DKPP) Kabupaten Pekalongan, Ari Lailani berharap dengan panen perdana varietas Protani Protangguh ini kedepan bisa dilihat kelebihan dan kekurangannya sehingga akan ada perbaikan dari peneliti dan bisa dikembangkan lebih baik lagi.

“Kami berharap dengan segala kelebihan dan kekurangan varietas padi ini, nanti ada perbaikan dari para peneliti Unsoed sehingga bisa kita tanam lagi musim depan dengan kuwalitas yang lebih baik”, tandasnya.

Dikatakan Slamet Harto (59) selaku petani penggarap padi Protani Protangguh yang saat ini dipanen mengaku, padi yang ditanam saat ini hasilnya lebih baik dibandingkan dengan varietas lain yang biasa ia tanam, dengan luas tanam 2170 meter biasanya menghasilkan 12 kwintal gabah untuk panen padi prtotani saat ini diperkirakan menghasilkan 15 kwintal gabah.

“Untuk perawatan yang jelas lebih mudah karena kita pakai pupuk organik dan hasilnya lebih banyak pak”, tandasnya.

Sumber : Pendim 0710/PKL

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 12.55
TNI Kodim Pekalongan Bangun Jalan Poros Di Desa Rejosari
WhatsApp Image 2024-02-05 at 10.41
Jalur Paninggaran-Kajen Sempat Tertutup Longsor
WhatsApp Image 2024-01-29 at 15.51
Posko Netralitas TNI-Polri Wujud Komitmen Netral Dalam Pemilu

TERKINI

TANI 1
Sudaryono Diisukan Mundur Dari Pilkada, Tani Merdeka : Gas Pool..!!
KAJEN – Organisasi Tani Merdeka Indonesia yang merupakan relawan pendukung bakal Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, terus menggenjot pergerakan di lapangan seiring munculnya isu Ketua...
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.46
Polres Pekalongan Salurkan Hewan Qurban untuk Takmir Masjid dan Pondok Pesantren
KAJEN – Polres Pekalongan membagikan hewan kurban sejumlah 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing kepada masyarakat sekitar Kabupaten Pekalongan, Senin (17/6/24). Pembagian hewan kurban dalam rangka Hari...
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.59
Bupati Fadia Salurkan 5 Sapi & 7 Kambing ke Masjid Al Muhtaram
KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyalurkan hewan kurban ke Masjid Al Muhtaram Kecamatan Kajen, pada Senin (17/06/2024) pagi. Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh...
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
Muat Lebih

POPULER

hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
WhatsApp Image 2024-06-18 at 08.59
Bupati Fadia Salurkan 5 Sapi & 7 Kambing ke Masjid Al Muhtaram
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Pemasangan Baliho Caleg dan Parpol di Pohon dan Tiang Listrik Akan Di Tindak Tegas
Pemasangan Baliho Caleg dan Parpol di Pohon dan Tiang Listrik Akan Di Tindak Tegas
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved