RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Kirab Budaya, Napak Tilas Pindahnya Kabupaten Pekalongan ke Kajen

Kirab Budaya, Napak Tilas Pindahnya Kabupaten Pekalongan ke Kajen

Kirab Budaya, Napak Tilas Pindahnya Kabupaten Pekalongan ke Kajen

Kajen – Kabupaten Pekalongan pada tanggal 25 Agustus 2022 ini genap berusia empat abad. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun. Salah satunya adalah napak tilas pindahnya Kabupaten Pekalongan dari Kota Pekalongan ke Kajen dengan agenda kirab budaya yang diikuti oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Wakil Bupati Pekalongan RIswadi dan organisasi perangkat daerah. Sebanyak 37 kereta kencana telah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk pelaksanaan napak tilas yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB dari Pendopo Nusantara alun-alun Kota Pekalongan (25/08/2022).

Bupati Pekalongan didampingi sang suami, Ashraff menaiki kereta kencana yang dihias dengan gaya keraton dan mereka berdua mengenakan pakaian adat jawa. Kereta pertama yang paling depan adalah Sekda Kabupaten Pekalongan, Julian Akbar, dan selanjutnya Bupati, Wakil Bupati dan seterusnya kereta para pejabaat setingkat asisten, kepala dinas dan camat.

“Kirab ini merupakan rangkaian untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan dan 21 tahun pemindahan ibukota Kabupaten Pekalongan.”

“Jadi, kirab ini adalah napak tilas pemerintah Kabupaten Pekalongan dari di kota, ke Kajen,” kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

“Kirab ini sesuatu yang unik dan memperingati 4 abad Kabupaten Pekalongan, insya allah di umur 4 abad ini Kabupaten Pekalongan tambah sukses dan maju,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, atas antusias dalam kirab budaya untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan.

“Harapan saya acara ini, setiap tahun kita bisa melaksanakan. Saya juga berpesan kepada masyarakat, semoga terus bekerjasama dan kompak untuk membangun Kabupaten Pekalongan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Riswadi mengatakan kirab ini sangat meriah sekali dan sakral sekali.

“Ini adalah yang pertama kali napak tilas dalam rangka hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 4 abad. Kita ingin flash back pemindahan pemerintahan Kabupaten Pekalongan dari Kota Pekalongan, menuju ke Kajen,” katanya.

Rute dalam kirab budaya hari jadi Kabupaten Pekalongan tahun 2022 menempuh jarak 27 km dimulai dari pendopo alun-alun Kota Pekalongan melewati Jl. Hayam Wuruk, Jalan Gajahmada menuju Gumawang Wiradesa, Bojong dan selanjutnya ke Surobayan, Wonopringgo, Karanganyar dan berakhir di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan di Kajen.

Masyarakat cukup antusias menyambut arak-arakan kereta kencana yang melewati jalur nasional pantura sampai dengan Kajen. Anak-anak sekolah sejak pagi menunggu rombongan napak tilas sejak pagi. Ini sebagai bukti kecintaan mereka terhadap Kabupaten Pekalongan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pekalongan.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved