RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

AWAS! Ada Aturan Ganjil Genap Di Mudik Lebaran 2022

AWAS! Ada Aturan Ganjil Genap Di Mudik Lebaran 2022

AWAS! Ada Aturan Ganjil Genap Di Mudik Lebaran 2022

Sumber : Dokumentasi Rasika Pekalongan

KAJEN – Pemerintah melalui Keputusan Bersama yang meliputi Dirjen Hubdar, Kakorlantas Polri dan Dirjen Bina Marga menerapkan kebijakan ganjl-genap pada arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Penerapan ini dalam rangkaian Operasi Ketupat 2022 yang akan dilaksanakan di sejumlah ruas jalan tol di Pulau Jawa. Operasi Ketupat 2022 ini tidak hanya menerapkan kebijakan ganjil-genap, tapi juga pemberlakuan one way atau satu arah. Rekayasa lalu lintas ini merupakan salah satu upaya menekan terjadinya penumpukan kendaraan di tengah arus mudik dan balik beberapa pekan mendatang.

System one way akan diberlakukan apabila jalur mudik mengalami kepadatan yang menimbulkan kemacetan baik di tol maupun pantura. Sementara untuk pemberlakuan ganjil genap, tanda motor kendaraan genap dapat melintas untuk mudik pada tanggal genap begitu juga sebaliknya. Pemberlakuan one way dan ganjil genap mulai tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei 2022 di jalur tol KM 47 (Tol Jakarta Cikampek) sampai KM 414 (Gerbang Tol Kali Kangkung).

Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Munawwarah, saat memberikan penjelasan terkait kesiapan menjelang arus mudik tahun ini (dok : Rasika Pekalongan / 20/04/22)

Hal tersebut di benarkan oleh Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Munawwarah kepada sejumlah wartawan, selasa (20/04/2022) di Kajen. Menurutnya, selama mudik nanti pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan di beberapa titik diantaranya di rest area 338, exit tol Bojong, pos Kedungwuni, Pos Kajen, dan untuk di jalur pantura sudah disiapkan di pos Pait dan IBC Wiradesa.

Sedangkan untuk penerapan system one way, lanjut Ara, pihaknya sudah bekerjasama dengan semua Polres baik yang memiliki wilayah tol maupun pantura apabila jalur yang dilalui mengalami crowded. Termasuk kesiapan tim Quick Respon yang telah di bentuk untuk penanganan apabila terjadi kecelakaan guna melakukan evakuasi secepatnya.

“Dan tentunya kami menyiapkan tim urai apabila terjadi kepadatan ataupun kemacetan baik di jalur pantura maupun jalan tol”, jelas Munawwarah.
Sementara itu untuk titik rawan kemacetan pantura di prediksi terjadi di wilayah Wiradesa, sehingga nantinya di jalur tersebut akan dilakukan penutupan di beberapa ruas jalan agar tidak terjadi kepadatan.

“Kami prediksi tanggal 28 sampai 29 April merupakan puncak arus mudik dan Polres Pekalongan telah menyiapkan segala sesuatunya agar mudik tahun ini benar-benar sehat dan aman”, pungkasnya. (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat

TERKINI

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
KAJEN – Fadia Arafiq terus bergerilya menjaring dukungan partai politik (parpol) untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Bupati Pekalongan dalam Pilkada Serentak 2024. Ternyata setelah mendapatkan...
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
KAJEN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan kini mempunyai Unit Reaksi Cepat. Tim ini datang langsung kepada masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan (adminduk)...
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?
KAJEN – Aksi borong partai, sangat mungkin terjadi dalam setiap kontestasi politik, khususnya pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Melihat torehan hasil Pemilu pilleg, sudah bisa diketahui partai-partai...
Muat Lebih

POPULER

Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
gerindra 2
Fadia – Sukirman Daftar Ke Gerindra
pdip ppp
PPP Koalisi PDIP? Ketua DPC PPP Buka Suara
TRUK
Truk Tanah Beroperasi Pada Jam Sibuk, Begini Kata Pengelola Galian C

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved