RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Pawai Mobil Hias Meriahkan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan

Pawai Mobil Hias Meriahkan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan

Pawai Mobil Hias Meriahkan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan

Foto : dok. Bagus Rasika FM

PAWAI – Bupati Fadia bersama suami, Ashraf Abu mengikuti pawai mobil hias dalam rangka hari jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan (25/08/2023)

KAJEN – Hari Jadi Kabupaten ke 401 tahun dimeriahkan dengan pawai mobil hias digelar pada Jumat, 25 Agustus 2023 siang. Pawai ini diikuti lebih dari 80 mobil dari instansi dan lembaga baik pemerintah maupun swasta. Di antaranya organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pekalongan, KPU, perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BUMN, DPRD, Polres Pekalongan, BPS, Kemenag, dan kantor perwakilan pusat lainnya.

Rombongan pawai mobil hias berkumpul di kawasan Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Puluhan mobil hias berjajar di jalan raya sebelah timur alun-alun Kajen.

Sekira pukul 14.00 WIB, rombongan Pawai Mobil Hias diberangkatkan dari kawasan alun-alun Kajen melaju ke arah barat. Rutenya melintasi sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Dari alun-alun Kajen, rombongan Pawai Mobil Hias berangkat lalu melintasi Kecamatan Kesesi,  Bojong, Sragi, Kedungwuni, Wonopringgo, Karanganyar lalu kembali berpusat di alun-alun Kajen.

Sepanjang perjalanan pawai, ribuan warga menyambut antusias. Banyak di antara mereka adalah pelajar sekolah TK, SD, dan SMP. Sebagian warga mengibar-ngibarkan bendera kecil saat menyambut rombongan pawai mobil hias.

Beberapa mobil hias menampilkan tokoh punokawan seperti Gareng, Petruk, Semar, dan Bagong. Beberapa tokoh punokawan ini menyampaikan pesan layanan masyarakat dari atas mobil hias. Mereka bertingkah kocak sembari koar-koar melalui pengeras suara. Memberikan pesan-pesan edukasi kepada warga di sepanjang jalan.

Selain itu, terdapat pula beberapa mobil hias yang menampilkan musik tradisional seperti gamelan, angkung dan kulintang.

Mobil peserta pawai dihias sedemikian rupa dengan beragam bentuk, di antaranya rumah, tempat bersalin, perahu, dan burung raksasa.

 

Ada yang menarik dalam pawai tersebut. Sembari menempuh perjalanan, diperagakan suasana kamar bersalin dengan adegan seorang ibu hamil tua terbaring di badrest. Terdengar suara pemeran ibu hamil itu berbicara meracau seolah panik hendak melahirkan. Sementara di sekelilingnya para bidan seolah-olah siap mengambil tindakan persalinan.

Sementara itu, mobil hias dari PLN, membagikan beberapa balon kepada warga yang berdiri menyambutnya.

Di antara rangkaian Pawai Mobil Hias, nampak sedan berplat G 1 dengan pintu jendela tertutup melaju pelan. Diikuti beberapa mobil dinas jajaran Polres Pekalongan.

Total rangkaian pawai mobil hias tersebut terbilang panjang. Namun arus lalu lintas di seputar Tugu KM 0 Kajen dapat dikendalikan dan lancar. Lantaran, sesekali polisi memotong rangkaian pawai (membuat jeda arus pawai) untuk memberikan para pengendara umum menyeberang sehingga penumpukan kendaraan cepat terurai.

Saat mobil hias pamungkas melintas, keseruan dan kehebohan para warga pecah. Pasalnya mobil hias pamungkas ini berupa bus hias yang membunyikan klakson telolet. Sontak banyak warga girang dan menari-nari saat klakson telolet dibunyikan.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-02-20 at 11.39
Deteksi Dini Kesehatan Pegawai, Imigrasi Pemalang Gelar Medical Check Up
BIN Lakukan Pantauan Pemilu Secara Langsun
BIN Lakukan Pantauan Pemilu Secara Langsung
Pengantin Baru Nyoblos di TPs
Pengantin Baru Nyoblos di TPS
Screenshot_20240210_172520_WhatsApp-483979020
Sambut Liburan Imlek 2024, Beragam Kuliner Tersaji di Gulala Azana Resort Guci Tegal

TERKINI

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
KAJEN – Seorang pria berinisial S (35) warga Kelurahan Banyuurip Kecamatan Pekalongan selatan Kota Pekalongan dilaporkan ke pihak Kepolisian, karena telah menjual mesin jahit dan juga handphone tanpa sepengetahuan...
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
KAJEN – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pekalongan digelar di KPU Kabupaten pekalongan, Rabu (28/02) Terkait kegiatan itu, ratusan personil Polres...
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
Hardiyanto (22), merupakan seorang mahasiswa di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan, yang telah merasakan manfaat integrasi digitalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)....
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
Salah satu program unggulan Pemkot Pekalongan dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat ialah Program Pekalongan Sakpore. Program tersebut merupakan program kolaborasi...
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
KAJEN – Seorang Caleg asal Pekalongan menjadi korban penggandaan uang yang dilakukan oleh 2 pelaku. Tersangka penipuan yang berhasil ditangkap Polres Pekalongan yakni S alias Muchlis (58) warga Desa Balung...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-18 at 15.04
Program JKN Jadi Penyelamat Petugas KPPS Hamil di Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 06.39
Pemilu Damai, Bolone Mase : Terima Kasih Warga Pekalongan
WhatsApp Image 2023-11-19 at 14.04
Buntut Tutupnya Pasar Muncang Pemalang, Kades Mrican Fasilitasi Lahan Khusus Pedagang Warga Mrican
WhatsApp Image 2023-10-10 at 11.04
Tukang Sedot WC Meninggal di Masjid

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved