RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

BPJS Kesehatan Pekalongan Lakukan Spotcheck Distribusi Surat Keterangan Terdaftar PBI JK

BPJS Kesehatan Pekalongan Lakukan Spotcheck Distribusi Surat Keterangan Terdaftar PBI JK

BPJS Kesehatan Pekalongan Lakukan Spotcheck Distribusi Surat Keterangan Terdaftar PBI JK

BPJS Kesehatan Pekalongan Lakukan Spotcheck Distribusi Surat Keterangan Terdaftar PBI JK

BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan melaksanakan kegiatan spotcheck distribusi Surat Keterangan Terdaftar Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) di Desa Proyonanggan Utara, Kabupaten Batang, Kamis (15/09). Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh proses dalam distribusi tersebut berjalan lancar dan diterima oleh orang yang berhak.

Spotcheck ini dilakukan dengan memilih beberapa titik distribusi dan lokasi peserta secara acak. Selain itu, tim juga melakukan interaksi langsung dengan peserta untuk mendapatkan feedback langsung terkait proses penerimaan Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN.

“Sebanyak 6.497 Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN PBI JK untuk wilayah Kantor Cabang Pekalongan telah didistribusikan. Wilayah tersebut mencakup Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang. Distribusi Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN PBI JK ini dilakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Kantor Pos, selama periode bulan Juli hingga Agustus 2023. Sebagai bentuk tanggung jawab dan upaya memastikan keberhasilan distribusi, kami melaksanakan kegiatan spotcheck di bulan September ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu.

Dia menjelaskan, memastikan surat keterangan tersebut telah sampai kepada peserta merupakan hal penting dilakukan, karena pihaknya tidak ingin peserta JKN menemui kendala dalam mengakses layanan kesehatan. Dengan peserta mengetahui bahwa dirinya terdaftar sebagai peserta JKN, sehingga apabila ingin berobat tidak lagi ada hambatan finansial.

“Kami memahami betapa pentingnya Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN PBI JK ini bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami ingin memastikan bahwa seluruh surat yang telah kami distribusikan benar-benar telah sampai dan diterima oleh peserta dengan baik,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan spotcheck ini juga menjadi sarana edukasi. Petugas BPJS Kesehatan yang turun di lapangan juga memberikan penjelasan kepada peserta mengenai fungsi, manfaat, dan cara penggunaan sebagai peserta JKN. Tujuannya adalah agar peserta tidak hanya menjadi penerima, tetapi juga paham akan hak dan kewajibannya dalam Program JKN.

“Kami ingin memastikan masyarakat tidak hanya menerima Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN saja, tetapi juga memahami fungsi dan manfaatnya. Selama ini, banyak peserta yang kurang memahami hak dan kewajiban sebagai peserta JKN. Kami ingin memastikan bahwa setiap peserta memiliki pemahaman yang baik sehingga dapat memanfaatkan layanan kesehatan dengan maksimal,” tambahnya.

Distribusi dan spotcheck ini mendapat respon positif dari penerima. Salah satunya, Himawan, warga Desa Proyonanggan Utara Kabupaten Batang. Dia merasa senang saat menerima Surat Keterangan Terdaftar Peserta JKN tersebut. Dia tidak mengetahui sebelumnya jika ternyata dia mempunyai jaminan kesehatan.

“Alhamdulillah, saya kini bisa mengakses layanan kesehatan hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ini sangat membantu,” katanya dengan senyum lebar.

Tak hanya Himawan, rasa syukur juga diungpkan Astutik, warga Desa Proyonanggan Utara lainnya. Dia tidak menyangka jika dirinya sudah terdaftar sebagai peserta JKN. Dengan surat tersebut, dia merasa lebih tenang dan yakin bahwa keluarganya dapat mengakses layanan kesehatan kapan pun diperlukan.

“Ini adalah bentuk nyata dari perhatian pemerintah kepada masyarakat, terutama kami yang berada di daerah,” tambahnya.

Astutik berharap agar layanan BPJS Kesehatan terus ditingkatkan dan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari Program JKN. Komitmen melayani masyarakat terus dioptimalkan.

“Semoga semakin banyak lagi saudara-saudara kita yang dapat merasakan manfaat dari program ini,” pungkas Astutik dengan semangat.

Tag :

BACA JUGA :

Screenshot (31)
BPJS Kesehatan Pekalongan Dorong Rumah Sakit Berikan Pelayanan Prima kepada Pasien JKN
Screenshot (30)
Satu Dekade Program JKN; Dari Peningkatan Kepesertaan hingga Inovasi Layanan Digital
Screenshot (29)
BPJS Kesehatan Pekalongan Apresiasi Kepatuhan Badan Usaha dalam Program JKN
Screenshot (27)
Gandeng Influencer dan Pegiat Sosmed Pekalongan, Optimalkan Jangkauan Informasi Program JKN

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved