RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

KAJEN – Sebanyak 782 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Kajen, Rabu (05/10/2022) mengikuti lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI). Kegiatan dilaksanakan di Korwil UPT Dindikbud Kajen.

Lomba MAPSI SD Kecamatan Kajen terdiri dari 17 Cabang lomba putra-putri dikuti 782 peserta, melibatkan juri sebanyak 51 orang baik dari Guru PAI maupun dari Profesional serta Panitia. Bidang mata pelajaran dilombakan pengetahuan PAI dan BTQ,
Praktik sholat dan wudlu, azan dan Iqomah, bidang Seni Islami seni hifdzil quran, Seni tilawatil quran, seni kaligrafi, seni khitobah, ketrampilan komputer, Seni Macapat Islami. Kegiatan bertema ‘Lomba MAPSI SD Tahun 2022 Mewujudkan Karakter Muslim Pancasila Yang Kreatif Dan Inovatif’.

Lomba MAPSI dibuka secara langsung oleh Camat Kajen, Agus Purwanto dengan simbolis menyebamatkan tanda pada peserta. Dalam kesempatan itu, Camat juga memberikan pertanyaan kepada peserta dengan langsung memberikan uang tunai kepada dua siswa yang berhasil menjawab pertanyaan.

Korwil Kecamatan Kajen Bidang Pendidikan Bapak Bara Akanta mengatakan lomba bertujuan untuk menggairahkan peserta didik untuk mempelajari, menghayati dan mengamalkan ajaran islam dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang memiliki karakter sebagai bangsa Indonesia, beriman taqwa. Kemudian memiliki kecerdasan dan ketrampilan dalam menghadapi persaingan global, selain dengan hasil prestasi nilai dalam raport di sekolah dan penerapan di lingkungan keluarga atau masyarakat, diperlukan pula antara lain berupa lomba yang dapat meningkatkan prestasi dan prestise peserta didik.

“Tujuannya pertama adalah bagaimana guru-guru Agama Islam di Kecamatan Kajen khususnya bisa mengimplementasikan materi-materi yang ada di pembelajaran, kemudian pengembangan dan merangkum atau memberi ruang kepada pendidik yang memiliki bakat minat di bidang seni Islami. Kemudian kegiatan tentunya diharapkan bisa menjaring-jaring bibit-bibit peserta didik di MAPSI ini agar bisa berprestasi di tingkat Kabupaten maupun provinsi dan seterusnya, ” kata dia.

Sementara Camat Kajen Agus Purwanto menyampaikan kegiatan kali ini lomba MAPSI tingkat kecamatan dilaksanakan karena beberapa tahun terakhir itu ada Covid-19. Meskibegitu pelajaran agama Islam tetap dilaksanakan dengan baik.

“Harapannya kedepan ada peningkatan kualitas pembelajaran khususnya agama Islam, karena dari penelitian agama adalah mutlak sangat diperlukan khususnya untuk pembentukan karakter anak anak kita. Apalagi sekarang gempuran budaya luar yang begitu mudahnya masuk ke Indonesia begitu juga termasuk ada dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi, untuk itu agama bisa menjadi benteng pertahanan, ” ungkapnya.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Iksan mengatakan bahwa peserta adalah perwakilan pilihan dari sekolah. Untuk itu saat lomba agar tidak minder, jadikan yang terbaik tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Jadikan semangat dan persaingan yang baik, sehingga kalian pulang dengan membawa trophy cabang masing masing, ” harapnya.

Ketua Penyelenggara Lomba MAPSI, Riyanto menambahkan bahwa Lomba MAPSI SD tingkat Kecamatan Kajen di dilaksanakan Lingkungan SDN 06 Kajen dan SDN 02 Pekiringanalit.

“Hasil kejuaraan Lomba MAPSI Kecamatan Kajen terbaik untuk mengikuti lomba MAPSI SD Tahun 2022 tingkat Kabupaten Pekalongan di SMP 2 Wiradesa pada tanggal, 13 Oktober 2022 mendatang,” imbuhnya.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore

TERKINI

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
KAJEN – Seorang pria berinisial S (35) warga Kelurahan Banyuurip Kecamatan Pekalongan selatan Kota Pekalongan dilaporkan ke pihak Kepolisian, karena telah menjual mesin jahit dan juga handphone tanpa sepengetahuan...
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
KAJEN – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pekalongan digelar di KPU Kabupaten pekalongan, Rabu (28/02) Terkait kegiatan itu, ratusan personil Polres...
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
Hardiyanto (22), merupakan seorang mahasiswa di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan, yang telah merasakan manfaat integrasi digitalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)....
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
Salah satu program unggulan Pemkot Pekalongan dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat ialah Program Pekalongan Sakpore. Program tersebut merupakan program kolaborasi...
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
KAJEN – Seorang Caleg asal Pekalongan menjadi korban penggandaan uang yang dilakukan oleh 2 pelaku. Tersangka penipuan yang berhasil ditangkap Polres Pekalongan yakni S alias Muchlis (58) warga Desa Balung...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 06.39
Pemilu Damai, Bolone Mase : Terima Kasih Warga Pekalongan
WhatsApp Image 2023-11-19 at 14.04
Buntut Tutupnya Pasar Muncang Pemalang, Kades Mrican Fasilitasi Lahan Khusus Pedagang Warga Mrican
WhatsApp Image 2024-02-18 at 15.04
Program JKN Jadi Penyelamat Petugas KPPS Hamil di Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2023-10-10 at 11.04
Tukang Sedot WC Meninggal di Masjid

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved