RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

Ratusan Siswa Tingkat SD Ikuti Lomba MAPSI

KAJEN – Sebanyak 782 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Kajen, Rabu (05/10/2022) mengikuti lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI). Kegiatan dilaksanakan di Korwil UPT Dindikbud Kajen.

Lomba MAPSI SD Kecamatan Kajen terdiri dari 17 Cabang lomba putra-putri dikuti 782 peserta, melibatkan juri sebanyak 51 orang baik dari Guru PAI maupun dari Profesional serta Panitia. Bidang mata pelajaran dilombakan pengetahuan PAI dan BTQ,
Praktik sholat dan wudlu, azan dan Iqomah, bidang Seni Islami seni hifdzil quran, Seni tilawatil quran, seni kaligrafi, seni khitobah, ketrampilan komputer, Seni Macapat Islami. Kegiatan bertema ‘Lomba MAPSI SD Tahun 2022 Mewujudkan Karakter Muslim Pancasila Yang Kreatif Dan Inovatif’.

Lomba MAPSI dibuka secara langsung oleh Camat Kajen, Agus Purwanto dengan simbolis menyebamatkan tanda pada peserta. Dalam kesempatan itu, Camat juga memberikan pertanyaan kepada peserta dengan langsung memberikan uang tunai kepada dua siswa yang berhasil menjawab pertanyaan.

Korwil Kecamatan Kajen Bidang Pendidikan Bapak Bara Akanta mengatakan lomba bertujuan untuk menggairahkan peserta didik untuk mempelajari, menghayati dan mengamalkan ajaran islam dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang memiliki karakter sebagai bangsa Indonesia, beriman taqwa. Kemudian memiliki kecerdasan dan ketrampilan dalam menghadapi persaingan global, selain dengan hasil prestasi nilai dalam raport di sekolah dan penerapan di lingkungan keluarga atau masyarakat, diperlukan pula antara lain berupa lomba yang dapat meningkatkan prestasi dan prestise peserta didik.

“Tujuannya pertama adalah bagaimana guru-guru Agama Islam di Kecamatan Kajen khususnya bisa mengimplementasikan materi-materi yang ada di pembelajaran, kemudian pengembangan dan merangkum atau memberi ruang kepada pendidik yang memiliki bakat minat di bidang seni Islami. Kemudian kegiatan tentunya diharapkan bisa menjaring-jaring bibit-bibit peserta didik di MAPSI ini agar bisa berprestasi di tingkat Kabupaten maupun provinsi dan seterusnya, ” kata dia.

Sementara Camat Kajen Agus Purwanto menyampaikan kegiatan kali ini lomba MAPSI tingkat kecamatan dilaksanakan karena beberapa tahun terakhir itu ada Covid-19. Meskibegitu pelajaran agama Islam tetap dilaksanakan dengan baik.

“Harapannya kedepan ada peningkatan kualitas pembelajaran khususnya agama Islam, karena dari penelitian agama adalah mutlak sangat diperlukan khususnya untuk pembentukan karakter anak anak kita. Apalagi sekarang gempuran budaya luar yang begitu mudahnya masuk ke Indonesia begitu juga termasuk ada dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi, untuk itu agama bisa menjadi benteng pertahanan, ” ungkapnya.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Iksan mengatakan bahwa peserta adalah perwakilan pilihan dari sekolah. Untuk itu saat lomba agar tidak minder, jadikan yang terbaik tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Jadikan semangat dan persaingan yang baik, sehingga kalian pulang dengan membawa trophy cabang masing masing, ” harapnya.

Ketua Penyelenggara Lomba MAPSI, Riyanto menambahkan bahwa Lomba MAPSI SD tingkat Kecamatan Kajen di dilaksanakan Lingkungan SDN 06 Kajen dan SDN 02 Pekiringanalit.

“Hasil kejuaraan Lomba MAPSI Kecamatan Kajen terbaik untuk mengikuti lomba MAPSI SD Tahun 2022 tingkat Kabupaten Pekalongan di SMP 2 Wiradesa pada tanggal, 13 Oktober 2022 mendatang,” imbuhnya.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved