RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Kurangi Sampah Rumah Tangga, Pemkab Salurkan Bantuan Motor Sampah

Kurangi Sampah Rumah Tangga, Pemkab Salurkan Bantuan Motor Sampah

Kurangi Sampah Rumah Tangga, Pemkab Salurkan Bantuan Motor Sampah

KAJEN – Untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Pekalongan khususnya pengelolaan sampah rumah tangga dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menyalurkan bantuan 21 roda 3 pengangkut sampah kepada 21 Kelompok/Desa di Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada para penerima atau pewakilan bertempat di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (Dinas Perkim dan LH) Kabupaten Pekalongan Kecamatan Kajen, Senin (24/10) siang.

Dalam sambutannya, bupati berharap agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kebersihan di tingkat desa, “Bapak/Ibu yang hari ini menerima bantuan, saya harapkan dapat memanfaatkanya dengan baik agar bisa menjadi contoh untuk desa-desa lainnya di Kabupaten Pekalongan karena adanya sampah ini, kita dan desa kita tidak akan sehat, tidak akan bisa mencapai yang namanya bersih, tidak akan bisa mencapai percontohan dan lain-lainnya kalau masih banyak sampah berserakan.” Tutur Bupati.

Dikatakan juga bahwa masalah sampah di Kabupaten Pekalongan masih merupakan PR besar bagi Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pekalongan, karenanya dengan adanya bantuan toda 3 pengangkut sampah diharapkan masyarakat dan desa dapat lebih mandiri dalam melakukan pengelolaan sampah khususnya sampah rumah tangga.

Bupati mengatakan Pemkab Pekalongan juga akan melakukan pengecekan kepada para penerima bantuan untuk melihat efektivitas bantuan yang diberikan terhadap kebersihan lingkungan di desa-desa yang menerima bantuan tersebut, “Bapak/Ibu yang hari ini menerima bantuan, saya minta berarti nanti kita akan cek apakah desanya setelah menerima bantuan ini benar-benar bersih atau tidak. Apakah masih bermasalah atau tidak. Kalau masih bermasalah dengan sampah berarti bantuan hari ini sia-sia,” ujar bupati tegas.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengungkapkan harapannya agar dapat memberikan bantuan serupa kepada kelompok/desa lainnya yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan Rudy Sulaiman melaporkan bahwa bantuan roda 3 pengangkut sampah diberikan kepada 21 kelompok/desa di wilayah Kabupaten pekalongan dengan total anggaran kurang lebih senilai Rp. 715 juta rupiah.

“Penyerahan bantuan hibah roda tiga merupakan wujud atau komitmen Pemkab Pekalongan khususnya Bupati untuk menyosialisasikan prinsip pengurangan sampah dari sumber sampah di tingkatan masyarakat,” terangnya.

Rudy mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut juga diharapkan dapat menjadi pemicu masyarakat untuk lebih bertanggung jawab terhadap pengelolaan sampah yang dihasilkan. (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat

TERKINI

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
KAJEN – Fadia Arafiq terus bergerilya menjaring dukungan partai politik (parpol) untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Bupati Pekalongan dalam Pilkada Serentak 2024. Ternyata setelah mendapatkan...
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
KAJEN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan kini mempunyai Unit Reaksi Cepat. Tim ini datang langsung kepada masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan (adminduk)...
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?
KAJEN – Aksi borong partai, sangat mungkin terjadi dalam setiap kontestasi politik, khususnya pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Melihat torehan hasil Pemilu pilleg, sudah bisa diketahui partai-partai...
Muat Lebih

POPULER

Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
gerindra 2
Fadia – Sukirman Daftar Ke Gerindra
pdip ppp
PPP Koalisi PDIP? Ketua DPC PPP Buka Suara
WhatsApp Image 2024-06-05 at 15.09
Menyusut, Segini Perkiraan Jumlah TPS untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan 2024

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved