RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Final Duta (Genre) Generasi Berencana Kabupaten Pekalongan

Final Duta (Genre) Generasi Berencana Kabupaten Pekalongan

Final Duta (Genre) Generasi Berencana Kabupaten Pekalongan

GENRE - Bunda Genre Kabupaten Pekalongan saat menyematkan mahkota untuk pemenang Duta Genre 2023 di GPU Sabtu 18/11/2023 (dok. Bagus Rasika FM)

KAJEN – Kompetisi Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Pekalongan tahun 2023. Pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan digelar di GPU Kajen, Sabtu (18/11/2023) yang berlangsung cukup meriah.

Adapun dalam pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan dihadiri Bunda Genre, Hj. Widi Riswadi, Sekretaris Daerah M. Yulian Akbar, Kepala Dinas Kepala Dinas P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan dr. Eko Wigiantoro, Kepala Dinas Kesehatan, Camat se Kabupaten Pekalongan. Kemudian sejumlah Organisasi pelajaran, pemuda dan tamu undangan.

Dalam final pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan terdapat 10 pasang finalis, kemudian diseleksi oleh Dewan juri menjadi 5 pasang finalis. Setelah menjalani berbagai interview langsung Dewan juri dan perwakilan tamu undangan dipilih tiga besar.

Akhirnya Muhammad Bilal peserta nomor urut 9 dan Huwaida Akila no 8 berhasil menjadi Duta Genre Kabupaten Pekalongan. Kemudian untuk juara dua diraih oleh Ahmad Falah Mutaqin no 7 dan Salmalia Rizki Permadani peserta no 5. Sedangkan juara 3 adalah Muhammad Zubaidi peserta no 5 dan Riatul Safitri no 10.

Adapula dalam kegiatan sebagai Duta Influenser adalah Naura Kaliyatulhakim dan Duta berbakat Muhammad Nazar Almahuna. Dalam Pemilihan Duta Genre masing masing pemenang mendapatkan trophy uang Pembinaan dan piagam.

Bunda Genre Kabupaten Pekalongan, Hj Widi Riswadi mengapresiasi pemilihan Duta Genre Kabupaten Pekalongan. Program Genre
merupakan organisasi pemberdayaan remaja yang bermitra dan dinaungi oleh P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan.

“Tujuan Duta Genre ini adalah mengedukasi dan memberikan informasi kepada remaja dengan kelompok sasaran usia 10 sampai 24 tahun serta belum menikah. Dalam program generasi berencana akan disiapkan dan dikembangkan sebagai kegiatan positif yang berbasis pengabdian sosial pendukung untuk menciptakan remaja yang memiliki perencanaan matang dan siap berkeluarga yang ditunjukkan dengan jenjang pendidikan yang layak. Kemudian dalam bekerja usia meningkat yang ideal serta memiliki kesehatan reproduksi yang baik dan sehat, ” katanya.

Duta Genre tahun 2023 ini mengangkat tema Optimalisasi peran remaja dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Pekalongan. Sehingga nantinya Duta Genre akan menjadi roll model atau motivator bagi remaja untuk mensosialisasikan dan mempromosikan program Genre agar lebih efektif.

Selain berperan penting dalam akselerasi penurunan angka stunting di Kabupaten Pekalongan, juga telah menjadi tugas kita bersama untuk dapat berkolaborasi menurunkan kasus stunting di Kabupaten Pekalongan.

“Pesan saya dalam kesempatan ini agar generasi berencana melalui Duta Genre bisa menginformasikan kepada masyarakat, terutama lingkungan remaja di Kabupaten Pekalongan akan bahayanya Pernikahan Dini seks serta penyalahgunaan narkotika, psikotropika zat adiktif atau NAPZA. Berperan aktif menciptakan generasi emas yang ber peradaban unggul di Kabupaten Pekalongan. Unggul dalam kecerdasan, kesehatan kehidupan sosial dan waktunya pastinya unggul secara mental dan spiritual hal tersebut yang diawali dari diri kita sendiri dan ditularkan pada remaja lain di lingkungan masyarakat, “imbuhnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Pekalongan, M. Yulian Akbar menyampaikan bahwa Kabupaten Pekalongan saat ini dalam kondisi kekerasan seksual yang memprihatinkan.
Karena jumlah kasus sampai Oktober 2023 ada 63 kasus.

Termasuk peredaran narkoba, SMP sudah mulai masuk dan ini yang diantisipasi untuk menjadi PR bersama.

“Ini bukan tugas pemerintah oleh karena itu mari bersama sama perangi itu, libatkan Genre, karena ini kegiatan mereka untuk mereka kita tinggal mengarahkan. Kepada OPD mari rangkul anak muda kita, dan terkait malam Duta Genre malam hari ini maka akan lahir kelompok model inovatif. Sebab Duta Genre ini agen perubahan, gandeng itu
Forum Genre 20 finalis untuk sasar sekolah,” katanya.

Ditambahkan melalui Duta Genre Kabupaten Pekalongan diharapkan mampu membawa nama Kabupaten Pekalongan di tingkat provinsi dan lebih tinggi lagi.

Tag :

BACA JUGA :

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat

TERKINI

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
KAJEN – Fadia Arafiq terus bergerilya menjaring dukungan partai politik (parpol) untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Bupati Pekalongan dalam Pilkada Serentak 2024. Ternyata setelah mendapatkan...
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
KAJEN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan kini mempunyai Unit Reaksi Cepat. Tim ini datang langsung kepada masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan (adminduk)...
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?
KAJEN – Aksi borong partai, sangat mungkin terjadi dalam setiap kontestasi politik, khususnya pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Melihat torehan hasil Pemilu pilleg, sudah bisa diketahui partai-partai...
Muat Lebih

POPULER

Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
gerindra 2
Fadia – Sukirman Daftar Ke Gerindra
pdip ppp
PPP Koalisi PDIP? Ketua DPC PPP Buka Suara
TRUK
Truk Tanah Beroperasi Pada Jam Sibuk, Begini Kata Pengelola Galian C

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved