RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Bupati Fadia Resmikan Rice Mill dan Lumbung Padi untuk Petani

Bupati Fadia Resmikan Rice Mill dan Lumbung Padi untuk Petani

Bupati Fadia Resmikan Rice Mill dan Lumbung Padi untuk Petani

Dok. Prokompim

KAJEN – Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq memberikan apresiasi atas peran PT PLN Persero dalam melaksanakan Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan pemberian bantuan berupa Rice Mill Listrik, Lumbung Padi, dan Ruang Serbaguna kepada kelompok tani “Rukun Karya” Desa Sangkanjoyo. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis pada acara peresmian yang berlangsung di Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen, pada pagi Selasa, (07/11/2023).

Selain penyerahan bantuan tersebut, PT PLN Persero juga secara simbolis menyalurkan bantuan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa sembako kepada balita yang ada di Desa Sangkanjoyo.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Fadia beserta suaminya yang menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Ashraff Abu. Hadir pula Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Kajen, unsur Kepala Desa dan Perangkat Desa, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Fadia mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT PLN Persero atas program TJSL yang telah menyentuh masyarakat Kabupaten Pekalongan khususnya para petani, “Terima kasih saya ucapkan kepada PLN, karena program TJSL ini sudah menyentuh masyarakat, khususnya para petani yang ada di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan keyakinannya bahwa bantuan Ricemill Listrik, Lumbung Padi, dan Ruang Serbaguna yang diberikan oleh PLN kepada kelompok tani Desa Sangkanjoyo akan sangat bermanfaat karena akan membantu para petani dalam menggiling padi dan menyimpan beras, “Dengan adanya fasilitas seperti ini dan kerja sama dengan kelompok tani, kita akan dapat membantu masyarakat di desa kita dan sekitarnya. Para petani tidak perlu khawatir saat panen, sekarang mereka dapat menjual hasil panen pada waktu yang tepat saat harga naik,” jelasnya.

Selain itu, Fadia menandaskan bahwa para petani adalah prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Pekalongan, dan pihaknya akan terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan para petani.

Manager UP3 PLN Pekalongan Triyono mengatakan bahwa Program TJSL merupakan bukti nyata komitmen PT PLN Persero sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar, “Tahun lalu, pada bulan Juli 2022, PT PLN Persero juga telah memberikan bantuan program TJSL berupa rumah pompa di Desa Sangkanjoyo,” ungkapnya.

“Hari ini, kita berkumpul di sini untuk memberikan program TJSL yang kedua, berupa Ricemill berbasis listrik, Lumbung Padi, dan Gudang Serbaguna. Ini adalah komitmen kami dari PT PLN Persero dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat sekitar Kabupaten Pekalongan,” lanjut Triyono.

Triyono menekankan bahwa PLN tidak hanya fokus pada bisnis listrik semata, tetapi juga berupaya memberikan program yang berdampak positif pada kehidupan masyarakat melalui program TJSL. “Kami berharap bahwa pemberian TJSL ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama yang berada di Desa Sangkanjoyo dan Kabupaten Pekalongan secara umum,” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Sangkanjoyo, Rudi Hartono, mengungkapkan rasa syukur atas perhatian yang telah diberikan kepada kelompok tani Rukun Karya dan masyarakat di Desa Sangkanjoyo. Ia menekankan betapa bantuan tersebut sangat membantu para petani, mengingat luas lahan pertanian di Desa Sangkanjoyo mencapai 148 hektar dan panen dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun. Sejalan dengan kesulitan penggilingan padi yang selama ini dihadapi, petani hanya bisa menjual gabah karena kurangnya fasilitas yang mendukung, “Semoga dengan adanya bantuan Rice Mill, Lumbung Padi, dan Gedung Serbaguna kelompok tani ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Desa Sangkanjoyo,” ungkapnya.

Sumber : Prokompim Setda Kabupaten Pekalongan

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore

TERKINI

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
KAJEN – Seorang pria berinisial S (35) warga Kelurahan Banyuurip Kecamatan Pekalongan selatan Kota Pekalongan dilaporkan ke pihak Kepolisian, karena telah menjual mesin jahit dan juga handphone tanpa sepengetahuan...
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
KAJEN – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pekalongan digelar di KPU Kabupaten pekalongan, Rabu (28/02) Terkait kegiatan itu, ratusan personil Polres...
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
Hardiyanto (22), merupakan seorang mahasiswa di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan, yang telah merasakan manfaat integrasi digitalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)....
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
Salah satu program unggulan Pemkot Pekalongan dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat ialah Program Pekalongan Sakpore. Program tersebut merupakan program kolaborasi...
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
KAJEN – Seorang Caleg asal Pekalongan menjadi korban penggandaan uang yang dilakukan oleh 2 pelaku. Tersangka penipuan yang berhasil ditangkap Polres Pekalongan yakni S alias Muchlis (58) warga Desa Balung...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2023-11-19 at 14.04
Buntut Tutupnya Pasar Muncang Pemalang, Kades Mrican Fasilitasi Lahan Khusus Pedagang Warga Mrican
WhatsApp Image 2024-02-18 at 15.04
Program JKN Jadi Penyelamat Petugas KPPS Hamil di Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 06.39
Pemilu Damai, Bolone Mase : Terima Kasih Warga Pekalongan
WhatsApp Image 2024-01-09 at 12.42
Polisi pun Tak Luput Dari Razia Kendaraan

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved