Jumat, April 9, 2021

Menggelar Operasi Yustis, KOdim 0710 Tekankan 5 M

RASIKA PEKALONGAN.COM - Kota Pekalongan – Upaya serius dalam mencegah penyebaran covid-19 terus dilakukan oleh TNI, tidak hanya melakukan operasi penegakan disiplin...
More

    Terbaru

    KLB Abal-Abal Ditolak, Para Kader Demokrat Cukur Gundul

    PATI – Kubu KLB Deliserdang yang dimotori para mantan kader Partai Demokrat akhirnya harus gigit...

    Beraksi 14 Kali, Polisi Amankan Pelaku Penipuan Dan Penggelapan Mobil Siaga

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN - Unit Reskrim dan Unit Intelkam Polsek Kesesi Polres Pekalongan berhasil mengamankan...

    Nelayan Kota Pekalongan Panen Rebon

    RASIKA PEKALONGAN.COM - Kota Pekalongan - Akhir bulan Maret ini para nelayan di Kota Pekalongan mulai panen udang...

    Program PTSL , Warga Desa Karangsari Terima Sertifikat Tanah

    RASIKA PEKALONGAN, KAJEN – Ditengah masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, Desa Karangsari, Kecamatan Bojong telah berhasil menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal itu dibuktikan dengan telah dibagikanya sejumlah 683 sertifikat tanah milik warga maupun pemerintah desa pada pagi ini, Kamis (17/9/2020) oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Kepala Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Pekalongan Imawan secara simbolis.

    Program PTSL sendiri merupakan program dari pemerintah yang ditujukan bagi masyarakat untuk medapatkan sertifikat tanah dan bebas dari biaya pajak pembuatan sertifikat tanah.

    Desa Karangsari sendiri dianggap sebagai desa yang telah sukses menjalankan program PTSL karena dari 700 pemohon pembuatan sertifikat , 683 telah lolos. Sehingga desa Karangsari sendiri menjadi desa percontohan atas kesuksesan pembuatan sertifikat tanah dengan program PTSL.

    ‘’Membuat sertifikat itu tidak mudah, tetapi dengan program pemerintah ini masyarakat bisa terbantu untuk bisa mendapatkan sertifikat tanah. Inilah program pemerintah yang tujuanya untuk mempermudah warga ketika ingin mendapatkan akses tentang sertifikat,’’ Kata Bupati Asip Kholbihi saat memberikan sambutan pada acara Pembagian Sertifikat Tanah secara simbolis di Desa Karangsari, Kecamatan Bojong (17/9).

    Bupati Asip juga mengatakan bahwa sertifikat tanah sendiri memiliki nilai ekonomis sebagai alat untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari bank. Sehingga ia berharap dengan terbitnya sertifikat tanah ini, masyarakat bisa menggunakanya dengan sebaik mungkin.

    Program PTSL , Warga Desa Karangsari Terima Sertifikat Tanah

    Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk bisa menjaga sertifikat tanah yang telah diterima dengan baik, karena untuk mendapatkan sertifikat ini sendiri tidak mudah ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

    ‘’ Jangan sampai hilang, disimpan baik-baik karena sertifikat itu mempunyai nilai ekonomi dan sangat penting,’’ ujarnya.

    Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Pekalongan Imawan mengatakan bahwa di Desa Karangsari memiliki 1.194 bidang tanah yang ditargetkan pada tahun 2020 ini setidaknya 683 bidang tanah bisa diselesaikan untuk sertifikat tanahnya. Dari 683 bidang tanah yang dapat diselesaikan tersebut 647 merupakan tanah milik warga dan 36 merupakan tanah aset pemerintah desa.

    ‘’Alhamdulilah taget kita untuk menyelesaikan program PTSL di desa Karangsari ini bisa berhasil dengan memenuhi target kita yaitu 683 sertifikat tanah bisa kita selesaikan,’’ kata Imawan.

    Selain itu Imawan juga menjelaskan bahwa untuk program PTSL di Kabupaten Pekalongan tahun 2020 sendiri secara kuantitas memiliki target peta bidang tanah sebanyak 30.114 bidang, target sertifikat hak atas tanah sebanyak 23.295 bidang dengan lokasi kegiatan ada di 31 desa di 15 kecamatan dan semua target tersebut 100% telah berhasil dan tuntas.

    ‘’Sampai saat ini secara kuantitas target peta bidang tanah dan target sertifikat hak atas tanah di Kabupaten Pekalongan tahun 2020 telah tuntas 100% dan siap untuk diserahkan kepada masyarakat,’’ jelas Imawan.

    Sedangkan untuk secara kualitas program PTSL sendiri, diungkapkan Imawan, BPN Kabupaten Pekalongan telah menyelesaikan 20 desa secara lengkap yang menampilkan lokasi tanah kegiatan dan keseluruhan data secara terperinci.

    Pada acara ini, Kepala Desa Karangsari mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan juga BPN yang telah mendukung penuh program PTSL di desa Karangsari sehingga 683 sertifikat tanah dapat diterima pada hari ini.

    ‘’Pada kesempatan ini saya berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Pekalongan yang telah memberikan peluang kepada desa Karangsari,’’ ungkapnya.(gus/thd)

    Latest Posts

    KLB Abal-Abal Ditolak, Para Kader Demokrat Cukur Gundul

    PATI – Kubu KLB Deliserdang yang dimotori para mantan kader Partai Demokrat akhirnya harus gigit...

    Beraksi 14 Kali, Polisi Amankan Pelaku Penipuan Dan Penggelapan Mobil Siaga

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN - Unit Reskrim dan Unit Intelkam Polsek Kesesi Polres Pekalongan berhasil mengamankan...

    Nelayan Kota Pekalongan Panen Rebon

    RASIKA PEKALONGAN.COM - Kota Pekalongan - Akhir bulan Maret ini para nelayan di Kota Pekalongan mulai panen udang...

    Info Penting

    Bagikan Masker Di Pasar, Tekan Penyebaran Covid-19

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN - Jajaran Polres Pekalongan terus melakukan himbauan dalam rangka pendisiplinan masyarakat untuk menerapkan...

    Tim Penilai WBK Kunjungi Polres Pekalongan

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN - Polres Pekalongan menerima kunjungan Tim Penilai Internal dari Mabes Polri, Selasa (2/3/2021)....

    BUPATI TERPILIH FADIA ARAFIQ TINJAU DAERAH TERDAMPAK BANJIR

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKAONGAN - Bupati Terpilih Fadia Arafiq, SE MM didampingi Penjabat (Pj) Sekda Ir Bambang Irianto M.Si , Kepala...

    BUPATI MINTA DANA DESA DIKELOLA DENGAN BAIK DAN TRANSPARAN

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN- Dalam rangka upaya penguatan efektifitas Dana Desa, Pemerintah Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi...

    PERCEPAT AIR SURUT, 11 POMPA BARU DI PASANG

    RASIKA PEKALONGAN.COM - KAJEN PEKALONGAN – Menindaklanjuti temuan kerusakan pompa air pada kunjungan sebelumnya di daerah terdampak banjir...

    Berlangganan

    To be updated with all the latest news, offers and special announcements.