RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Hari Disabilitas Internasional, Pemkab Pekalongan Luncurkan Kartu Disabilitas dan Aplikasi Sosial Peduli

Hari Disabilitas Internasional, Pemkab Pekalongan Luncurkan Kartu Disabilitas dan Aplikasi Sosial Peduli

Hari Disabilitas Internasional, Pemkab Pekalongan Luncurkan Kartu Disabilitas dan Aplikasi Sosial Peduli

KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan meluncurkan Kartu Disabilitas dan Aplikasi Sosial Peduli untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2022 bertempat di Aula Lantai I Kantor Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (05/12).

Peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq yang ditandai dengan touch sceen dilayar e-Backdrop dan juga prosesi pemotongan tumpeng serta penyerahan kartu disabilitas kepada pewakilan penerima.

Melalui sambutannya, Bupati Pekalongan berharap agar para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Pekalongan bisa mendapatkan pelayanan dan hak yang sama tanpa diskriminasi dalam berbagai pelayanan publik.

Bupati juga mengatakan bahwa peluncuran kartu disabilitas di Kabupaten Pekalongan bermanfaat untuk memberikan para penyandang disabilitas kemudahan mendapatkan pelayanan publik, ”Kartu disabilitas memberikan para disabilitas pelayanan prioritas di pusat kesehatan, pembuatan KTP, pembuatan akte, maupun yang lainnya agar tidak perlu antri. Oleh sebab itu mudah-mudahan kartu ini dapat segera dibagikan kepada seluruh disabilitas yang ada di Kabupaten Pekalongan agar seluruh disabilitas bisa mendapatkan prioritas tersebut,” ujar bupati.

Selain itu, bupati mengungkapkan bahwa dalam acara tersebut Pemkab Pekalongan juga meluncurkan Aplikasi Sosial Peduli untuk para disabilitas, “Hari ini kita juga meluncurkan Aplikasi Sosial Peduli. Saya minta untuk nanti bisa disosialisasikan agar para disabilitas ini tau sehingga yang belum terdaftar bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi ini. Setiap disabilitas kebutuhannya berbeda-beda sesuai kondisinya bisa didaftarkan melalui aplikasi ini sehingga nantinya dapat cepat kita tanggapi, kita sikapi, dan cepat kita berikan bantuan. Mulai hari ini sudah ada dan mudah-mudahan bisa sangat bermanfaat untuk para disabilitas di Kabupaten Pekalongan,” kata bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Kabupaten Pekalongan Yudi Himawan dalam sambutannya melaporkan bahwa peluncurkan kartu disabilitas merupakan bentuk apresiasi dan juga identitas bagi para penyandang disabilitas dikabupaten Pekalongan yang nantinya akan disingkronkan dengan berbagai program Pemkab Pekalongan, “Dengan kartu disabilitas tersebut teman-teman disabilitas bisa mendapatkan prioritas pelayanan di berbagai pelayanan publik, baik di pemerintahan maupun di sektor swasta yang ada di Kabupaten Pekalongan. Kedepannya kita juga akan menjadikan ini sebagai alat untuk menghubungkan dengan program-program yang ada di Kabupaten Pekalongan,” jelas Yudi.

Sementara itu terkait kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar pagi itu, Yudhi menuturkan bahwa kegiatan diikuti oleh perwakilan disabilitas dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan, “Disabilitas di Kabupaten Pekalongan berjumlah sekitar 9800 disabilitas yang terdiri atas berbagai kategori ada disabilitas fisik, sensorik, intelektual dan disabilitas mental. Namun hari ini kita mengundang sekitar 150 penyandang disabilitas dari berbagai kategori tersebut dan mewakili seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Perwakilan Forum Penggiat Sosial Forum Serasi Madani H. Syafrudin Huna dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pekalongan dan Pemkab Pekalongan atas kegiatan yang diselenggarakan dan juga atas dukungan pemerintah kepada para disabilitas di Kabupaten Pekalongan selama ini.

“Kami juga berterima kasih kepada Bupati dan Pemkab Pekalongan karena tahun ini telah membantu menyediakan puskesmas ramah disabilitas di Kabupaten Pekalongan. Tahun ini ada 2 puskesmas yang ramah kepada para difabel yakni puskesmas I Kedungwuni dan Puskesmas Karanganyar. Terima kasih juga kepada dinas kesehatan karena lewat adanya puskesmas ini sudah menangkap harapan kami,” ujarnya.

Di akhir acara, Bupati mewakili Pemkab Pekalongan menunjukkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas dengan menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 1 Buah Bantuan Kursi Roda, 1 Alat Bantu Dengar, dan 2 Bantuan Modal Usaha.

Dalam acara tersebut, untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, Pemkab Pekalongan melalui Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pekalongan juga melayani layanan perekaman KTP Elektronik dan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung jadi untuk para disabilitas. Karenanya, bupati secara simbolis menyerahkan KTP kepada penyandang disabilitas.

Menutup kegiatan, Bupati dan para tamu undangan mengunjungi sejumlah stand pameran hasil karya tangan-tangan kreatif para kaum difabel Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan peringatan Hari Disabilitas tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Pekalongan, Perwakilan Kapolres Pekalongan, Perwakilan Dandim 0710 Pekalongan, Perwakilan Kerjaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pekalongan, Ketua Baznas Kabupaten Pekalongan, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pekalongan, para camat Se-Kabupaten Pekalongan, dan Ketua organisasi disabilitas (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat

TERKINI

HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
KAJEN – Sejumlah nama baru seperti Akhirul Huda mulai bermunculan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2024. Selain sosok yang sudah ramai, Akhirul Huda, seorang bos properti...
WhatsApp Image 2024-06-14 at 09.02
Pohon Pete Tumbang Timpa Pengendara Hingga Tewas
KAJEN – Seorang warga Kandangserang, Kabupaten Pekalongan meninggal dunia tertimpa batang pohon Pete yang tumbang. Peristiwa tersebut terjadi di jalan raya Dukuh Kaliguci Desa Tajur Kecamatan Kandangserang,...
PKS 1
Aksi Borong Partai di Pilbup Pekalongan, Fadia Bikin Koalisi Jumbo?
KAJEN – Fadia Arafiq terus bergerilya menjaring dukungan partai politik (parpol) untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Bupati Pekalongan dalam Pilkada Serentak 2024. Ternyata setelah mendapatkan...
Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
KAJEN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan kini mempunyai Unit Reaksi Cepat. Tim ini datang langsung kepada masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan (adminduk)...
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?
KAJEN – Aksi borong partai, sangat mungkin terjadi dalam setiap kontestasi politik, khususnya pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Melihat torehan hasil Pemilu pilleg, sudah bisa diketahui partai-partai...
Muat Lebih

POPULER

Capil 5
TOP..!! Disdukcapil Kab. Pekalongan Punya Unit Reaksi Cepat
hUDA
Bos Properti Daftar Wakil Bupati Pekalongan
gerindra 2
Fadia – Sukirman Daftar Ke Gerindra
pdip ppp
PPP Koalisi PDIP? Ketua DPC PPP Buka Suara
WhatsApp Image 2024-06-05 at 15.09
Menyusut, Segini Perkiraan Jumlah TPS untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan 2024

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved