RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

H. Sumar Rosul Bagikan Bantuan Ketahanan Pangan Bagi Petani

H. Sumar Rosul Bagikan Bantuan Ketahanan Pangan Bagi Petani

H. Sumar Rosul Bagikan Bantuan Ketahanan Pangan Bagi Petani

TIRTO – Wakil pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan, H. Sumar Rosul memberikan hibah beruba gabah kering dan beras pada Sabtu, (15/04/2023). Bantuan berupa beras dibagikan secara langsung kepada para petani anggota kelompok tani Tundansari di Lumbung Desa ” Moga Reja” Desa Sidorejo Tirto.

Bantuan sebanyak 2,4 ton dalam bentuk gabah kering giling diusulkan oleh Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan, H. Sumar Rosul pada September 2022 lalu ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kemudian dari sebanyak 2,4 ton sebagian disimpan di Lumbung untuk stok pangan dibagikan pada saat musim paceklik.

Bantuan dibagikan kepada sekitar 140 anggota lumbung Tani setempat dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Tirto.

Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan, H. Sumar Rosul, Sip, MAP menyampaikan penyerahan bantuan hibah gabah kering giling merupakan wujud dari aspirasi usulannya sebagai anggota DPRD Kabupaten Pekalongan.

“Ini usulan aspirasi kami ke pemerintah provinsi sudah dikabulkan dan hari ini direalisasikan kami serahkan langsung kepada Kelompok Tani Tundansari, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto,” katanya.

Dalam kesempatan itu pembagian didampingi oleh Ketua Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Tirto sekaligus bersama-sama memberikan penyuluhan tentang teknik bertani. Kemudian pengadaan pupuk dan lain sebagainya.

“Tadi para anggota kelompok tani sudah menerima semua jumlah 140 orang dan kelihatannya mereka berbahagia sekali. Untuk itu kami berharap ini bisa bermanfaat untuk mereka apalagi ini di situasi yang menjelang lebaran tentu juga butuh beras. Dari jumlah 2,4 ton yang kami serahkan bentuk gabah kering separuhnya disimpan untuk digiling nanti pada waktu musim paceklik, ” terangnya.

Untuk kualitas beras cukup bagus dan mereka penerima terlihat bahagia. Jadi apabila masyarakat bahagia wakil rakyat ikut bahagia.

Kelompok Tani Tundansari, Desa Sidorejo Kecamatan Tirto, Muh Ajeng menyampaikan bantuan hibah gabah kering giling merupakan bantuan dari provinsi hasil aspirasi dari Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul.

“Bantuan kurang lebih 2,4 ton gabah ini disuruh untuk digiling jadi beras, kemudian dibantukan ke masyarakat anggota Kelompok Tani. Namun demikian tidak semua masyarakat menerima, ” katanya.

Gabah hibah ini lanjut dia, tidak dibagikan semua melainkan sebagian untuk kegiatan Kelompok Tani dalam peningkatan ekonomi dan persediaan pangan.

“Semoga ini isa bermanfaat untuk kelompok kami dan juga bermanfaat pada masyarakat atau anggota kelompok kami. Semoga ini bisa berkelanjutan, jadi nanti bisa lebih berkembang lagi bisa menjadi tempat lumbung untuk ketahanan pangan, ” ungkapnya.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Tirto, Edi Suwantoko menyampaikan bahwa Desa Sidorejo dan Pandan arum Kecamatan Tirto merupakan wilayah penyokong pangan khususnya wilayah Kecamatan Tirto. Karena area Pertanian terluas pertama dan ke dua.

“Hibah Gabah Kering Giling dibagikan namun sebagian dijadikan sebagai pasokan lumbung apabila suatu saat terjadi kekurangan pangan bisa dikeluarkan. Semoga dengan bantuan tersebut bisa dikembangkan untuk penyokong ketahanan pangan, ” ungkapnya.

Salah seorang penerima bantuan, Kusni menyampaikan sangat berterima kasih banyak atas bantuan yang telah diberikan oleh anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Sumar Rasul yang telah mengeluarkan aspirasi untuk rakyat.

“Saya sangat berterima kasih banyak ini karena sangat berguna sekali bagi rakyat Desa Sidorejo, semoga ini bisa berkesinambungan, ” ungkapnya.

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
asip
PKB Dalam Pilkada 2024, Asip : Antara Idealis dan Realistis
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
WhatsApp Image 2024-07-05 at 12.43
Nekat Maling HP Berujung Ngandang

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved