RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

Gedung Poned Puskesmas Kandangserang di Resmikan

Gedung Poned Puskesmas Kandangserang di Resmikan

Gedung Poned Puskesmas Kandangserang di Resmikan

KAJEN – Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di Kandangserang telah diresmikan oleh Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, Rabu (28/12/2022). Gedung ini nantinya berfungsi untuk menunjang mutu pelayanan kesehatan gratis dan menekan Angka Kematian Ibu (AKI).

Dalam peresmian secara simbolis oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dengan menandatangani prasasti. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruang pelayanan Ibu melahir dan bayi baru lahir. Dalam kesehatan itu, pasien Ibu ibu yang hendak melahirkan dan sudah melahirkan di Poned mendapat hadiah langsung dari Bupati Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan adanya penambahan fasilitas Puskesmas Kandangserang ini Insya Allah pelayanan kesehatan akan lebih maksimal. Khususnya juga para kepala desa yang biasanya mungkin paling repot dengan masyarakat kalau ada masalah paling terdepan harus bisa membantu, dengan adanya Puskesmas rujukan ini lebih mudah lebih gampang.

“Berarti kita tinggal tingkatkan bagaimana khususnya tenaga medis, dokternya harus benar-benar ada. Jangan sampai ada masyarakat akan rawat inapnya, namun tidak ada dokternya. Untuk itu harus ada dokternya standby. Juga harus siap pelayanan kesehatannya serta maksimal, ” katanya.

Kepala Puskesmas Kandangserang, Sulistiyo Aji, menyampaikan secara nasional kesehatan ibu dan anak merupakan kelompok rentan. Terutama kesehatan pada ibu hamil ibu bersalin dan bayi masa kelahiran. Hal ini ditandai dengan masih adanya angka kematian itu maupun angka kematian bayi.

“Berdasarkan data Kandangserang pada Tahun 2022 angka kematian ibu sampai hari ini alhamdulillah zero kasus Ibu. Jadi Alhamdulillah tidak ada kasus kematian ibu namun masih ada angka kematian bayi masih ada tiga kasus. Data tersebut menunjukkan bahwa derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak masih merupakan permasalahan di wilayah Kecamatan Kandangserang, “terangnya.

Adapun upaya-upaya yang telah dilaksanakan dari Puskesmas adalah pelayanan ANC (Antenatal Care) standar pelayanan pertolongan. Kemudian fasilitas persalinan pendampingan ibu hamil kolaborasi rujukan melakukan, audit materi natal baik internal maupun sosial.

Sementara seorang pasien, Zumrotun yang baru melahirkan satu hari lalu mengaku dengan adanya Gedung baru pelayanan lebih baik karena ruangan luas dan medis ramah.
“Pelayanan bagus saya baru saja kemarin melahirkan anak kedua, ” ungkap ibu rumah tanggal asal Desa Trajumas Kecamatan Kandangserang.

Peresmian dihadiri oleh Asisten 1 dan 2, Kadinkes, OPD, Muspika, Kades se-Kecamatan Kandangserang dan Ibu PKK. (GUS)

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
WhatsApp Image 2024-07-09 at 07.30
Bhayangkara Mart di Polres Pekalongan

TERKINI

WhatsApp Image 2024-07-16 at 12.27
Pendaftar Pemantau Pemilu, Sepi Peminat
KAJEN – Meski suhu politik Pilkada kian memanas, namun pendaftaran bagi pemantau independen Pemilu 2024 yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan belum menerima satu pun pendaftar...
SIDANG
Sidang Eksepsi Kasus KONI, Dua Tersangka Kompak Salahkan Ketua
  KAJEN – Kasus hibah KONI Kabupaten Pekalongan terus berjalan. Dari fakta dalam persidangan terkuak bila kedua terdakwa di sidang kedua ini mengajukan eksepsi atau nota keberatan. Dalam eksepsi itu...
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
  KAJEN – Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) digelar untuk memilih Ketua MPC PP Kabupaten Pekalongan masa bhakti 2024 – 2028. Dalam agenda ini Candra Saputra...
IMG_6537
Rakerda Bapera, Fahd : Rekom PDIP 90% Turun Ke Fadia
  KOTA PEKALONGAN – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di hotel Dafam Kota Pekalongan pada Sabtu (13/07/2024) siang. Acara ini di hadiri...
WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
KAJEN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sarana balap motor yang berlokasi di kawasan UMKM Center Kecamatan Wonopringgo pada Rabu, (10/07/2024)...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-07-11 at 07.05
Bupati Fadia bangun Sirkuit Balap Motor
PP FIX
Candra Saputra Kembali Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila
WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.20
Babak Lanjutan Kasus KONI Kabupaten Pekalongan
HUDA 1
Mas Huda, "Kuda Hitam" Pilkada Rebutkan 700 Ribu Jiwa
PPP 2
Pilkada 2024, Bakal Terjadi Aksi Borong Partai dan Lawan Tong Kosong?

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved