RASIKA PEKALONGAN

Advertise

KABAR RASIKA

BPJS Kesehatan Trust Mark Hadir di RS Qolbu Insan Mulia Wujudkan Tata Kelola Informasi Yang Baik

BPJS Kesehatan Trust Mark Hadir di RS Qolbu Insan Mulia Wujudkan Tata Kelola Informasi Yang Baik

BPJS Kesehatan Trust Mark Hadir di RS Qolbu Insan Mulia Wujudkan Tata Kelola Informasi Yang Baik

BPJS Kesehatan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), salah satunya melalui layanan berbasis sistem informasi digital dengan menghadirkan BPJS Kesehatan Trust Mark.

BPJS Kesehatan Trust Mark merupakan wujud keterbukaan informasi kepada publik dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan sistem informasi serta memperluas cakupan layanan bagi para pemangku kepentingan yang ingin menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Trust Mark memastikan para pemangku kepentingan dapat mematuhi persyaratan hukum, teknis dan keamanan sistem informasi.

Dalam rangka verifikasi kesesuaian self-assesment sistem pelayanan dan keamanan sistem, Asisten Deputi Bidang Penanganan Keluhan TI BPJS Kesehatan, Hartono Purba mengunjungi RS Qolbu Insan Mulia Batang, Selasa (28/03).

Dalam kunjungannya ini, dia melihat dan memverifikasi secara langsung khususnya layanan teknologi informasi untuk memastikannya sudah terimplementasi dengan baik dan melihat kendala-kendala yang ditemukan di lapangan.

“Kami melakukan perluasan verifikasi BPJS Kesehatan Trust mark sekitar 120 rumah sakit di seluruh Indonesia dan satu-satunya dari Kantor Cabang Pekalongan yang ditunjuk adalah RS Qolbu Insan Mulia. BPJS Trust Mark mengadopsi pendekatan sistem manajemen dengan kriteria operasional berbasis standar internasional. Ini bukan audit, hanya berbagi standar membantu mitra kami rumah sakit agar memiliki standar manajemen keamanan informasi dan manajemen layanan teknologi informasi sesuai standar ISO 20071 dan ISO 20000.

Kami akan memverifikasi apakah self-assessment yang telah diisi, merupakan standar BPJS Kesehatan Trust Mark sudah dijalankan atau tidak, misalnya standar prosedur back-up data, kalau ada periodenya per-kapan, penyimpanannya kemana, apakah itu dijalankan dengan konsisten atau tidak kemudian dilakukan evaluasi atau tidak dan lainnya,”ungkapnya.

Hartono juga menjelaskan mengenai manfaat program ini bagi rumah sakit dalam upaya membangun sistem informasi atau kualitas layanan teknologi dan informasi yang baik kepada peserta.
“BPJS Kesehatan Trust Mark ini pada dasarnya membantu rumah sakit agar proses layanan berjalan dengan efektif, efisien dan cepat. Kita ilustrasikan ketika rumah sakit masih kecil semuanya masih manual mulai dari pendaftaran, pelayanan peserta, klaim, dan lainnya.

Ketika rumah sakit sudah besar maka cara manual ini tidak relevan digunakan lagi harus beralih ke digitalisasi, oleh karena itu kami selalu mendorong agar rumah sakit melakukan transformasi digital. Ketika sudah beralih ke digital maka harus memiliki tata kelola informasi yang baik sehingga keamanan data terjamin, karena pastinya akan memiliki data yang besar misal medical record, keuangan maupun data lainnya yang harus dijaga dan dikelola dengan baik agar data terjamin keamanannya tidak terjadi kebocoran data,”tambahnya.

Dia pun mengajak rumah sakit untuk menjadikan BPJS Kesehatan Trust Mark sebagai sarana mewujudkan kerja sama, sinergi dan kolaborasi di bidang teknologi dan informasi agar implementasinya menjadi lebih efektif dan terintegrasi.

Direktur Utama RS Qolbu Insan Mulia, dr. Ratna Ismoyowati, MARS menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah memberikan kesempatan dapat berpartisipasi dalam kegiatan BPJS Kesehatan Trust Mark.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, kami dipercaya untuk melakukan BPJS Kesehatan Trust Mark. Ini merupakan suatu pembelajaran baru bagi kami tentang tata kelola informasi dalam rangka memudahkan pelayanan dan menjaga keamanan data kami. Saya mempersilahkan kepada tim dari BPJS Kesehatan untuk melakukan verifikasi data dan pelaksanaan di lapangan sesuai standar yang diharuskan, kami akan selalu belajar lebih baik lagi,”ungkapnya.

Ratna juga menyampaikan bahwa sistem informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi RS Qolbu Insan Mulia dan seluruh pasien di rumah sakit. Dia menilai, BPJS Kesehatan Trust Mark mampu memberikan kemudahan dalam akses layanan.

“Saya menghargai berapapun nilai bintang yang diberikan kepada kami terkait hasil verifikasi BPJS Kesehatan Trust Mark. RS Qolbu Insan Mulia selalu berusaha mengoptimalkan dan memanfaatkan sarana teknologi dan informasi. Semoga program BPJS Kesehatan Trust Mark ini semakin mematangkan kami dalam memenuhi standar tata kelola informasi menjadi lebih baik lagi. Kami juga berharap BPJS Kesehatan dapat mengembangkan inovasi untuk peningkatan perbaikan sistem yang ada di tempat kami sehingga dapat memberikan kemudahan kepada peserta dalam akses layanan menjadi lebih efektif dan terintegrasi,” tutupnya. (ns)

Tag :

BACA JUGA :

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore

TERKINI

WhatsApp Image 2024-03-02 at 09.10
Tukang Jahit Dilaporkan Ke Polisi Gegara Nyolong Mesin Jahit dan HP Milik Bosnya
KAJEN – Seorang pria berinisial S (35) warga Kelurahan Banyuurip Kecamatan Pekalongan selatan Kota Pekalongan dilaporkan ke pihak Kepolisian, karena telah menjual mesin jahit dan juga handphone tanpa sepengetahuan...
WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
KAJEN – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pekalongan digelar di KPU Kabupaten pekalongan, Rabu (28/02) Terkait kegiatan itu, ratusan personil Polres...
WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.28
Semakin Cepat, hardiyanto Terkesan Dengan Layanan Program JKN
Hardiyanto (22), merupakan seorang mahasiswa di Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan, yang telah merasakan manfaat integrasi digitalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)....
WhatsApp Image 2024-02-26 at 12.16
Kolaborasi BPJS Kesehatan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial Melalui Pekalongan Sakpore
Salah satu program unggulan Pemkot Pekalongan dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial dan kesejahteraan bagi masyarakat ialah Program Pekalongan Sakpore. Program tersebut merupakan program kolaborasi...
IMG-20240222-WA0009[1]
Niat Nyaleg Malah Ketipu 300 Juta
KAJEN – Seorang Caleg asal Pekalongan menjadi korban penggandaan uang yang dilakukan oleh 2 pelaku. Tersangka penipuan yang berhasil ditangkap Polres Pekalongan yakni S alias Muchlis (58) warga Desa Balung...
Muat Lebih

POPULER

WhatsApp Image 2024-02-29 at 09.18
Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi KPU Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-18 at 15.04
Program JKN Jadi Penyelamat Petugas KPPS Hamil di Kabupaten Pekalongan
WhatsApp Image 2024-02-20 at 06.39
Pemilu Damai, Bolone Mase : Terima Kasih Warga Pekalongan
WhatsApp Image 2023-11-19 at 14.04
Buntut Tutupnya Pasar Muncang Pemalang, Kades Mrican Fasilitasi Lahan Khusus Pedagang Warga Mrican
yoyokkkkk
Mantan Bupati Batang "Nyaleg" DPR RI

Untuk Kita Semua

Ikuti Kami:

Copyright @ 2023 rasikapekalongan.com  |  All right reserved